Hasil MotoGP Qatar 2021: Maverick Vinales Juara di Seri Pembuka, Rossi Tercecer Hanya Mampu Finis ke-13

- 29 Maret 2021, 01:47 WIB
Pebalap tim Monster Yamaha, Maverick Vinales berhasil juarai race perdana MotoGP 2021 di Sirkuit Losail Qatar  pada Minggu, 28 Maret 2021
Pebalap tim Monster Yamaha, Maverick Vinales berhasil juarai race perdana MotoGP 2021 di Sirkuit Losail Qatar pada Minggu, 28 Maret 2021 /Instagram.com/@maverick12official

POTENSI BISNIS - Hasil MotoGP Qatar, pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales jadi juara di seri pembuka MotoGP 2021 ini.

Pebalap asal Sepanyol itu, menjadi yang terbaik finis pertama dalam balapan MotoGP Qatar di Sirkuit Losail Internasional, pada Senin, 29 Maret 2021dini hari.

Di ajang MotoGP Qatar 2021, Maverick Vinales berhasil meraih posisi pertama, setelah tancap gas pada lap ke-15 dan mendahuli pebalap Ducati, Francesco Bagnaia.

Baca Juga: Tak Disangka, Orang yang Dilarang Masuk Lingkungan Gereja Tiba-tiba Meledak dan Hancur

Baca Juga: Jadwal Pelayanan Samsat Keliling Senin, 29 Maret 2021 Lokasi Bandung

Pecco Bagnaia ini ialah pole sitter pada balapan MotoGP Qatar 2021 serib pembuka itu, ia mampu menampilkan gaya balapnya, yang bertahan di posisi pertama hingga lap ke-14.

Setelah disalip Maverick Vinales, Pecco Bagnaia tersalip Johann Zarco dari Pramac Racing, sehingga bisa finis di posisi kedua, dan ketiga Bagnaia.

Namun, sang juara bertahan MotoGP musim lalu, Joan Mir dari Suzuki yang sempat berada di posisi dua, saat lap akan berakhir sebelum bendera finis dikibarkan.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Senin, 29 Maret 2021: NET TV, GTV, dan Trans 7 Banya Tayangan Seru

Ia mampu disalip dua belapan sekaligus, yakni Johann Zarco dan Bagnaia. Sehingga pada MotoGP Qatar ini, Mir harus rela finis urutan keempat.

Sedangkan di posis kelima, yaitu rekan satu tim Vinales, yakni Fabio Quartararo. Sementara itu, pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi hanya bisa finis ke-13.

Vinales memenangkan MotoGP Qatar pembuka musim ini untuk Yamaha setelah membalikkan Ducati 1-2-3-4 di awal race
Vinales memenangkan MotoGP Qatar pembuka musim ini untuk Yamaha setelah membalikkan Ducati 1-2-3-4 di awal race /Crash


Balapan MotoGP Qatar

Bagnia pole sitte pada star grid MotoGP Qatar 2021 mampu tampil baik pertahankan posisinya dipertama hingga lap 14.

Baca Juga: Potensi Valentino Rossi Ulang Kesuksesan di Andalusia Bisa Terjadi Malam Ini, Sakisikan Streaming di Trans7

Seementara, rekannya di Ducati, Jack Miller memulai dari posisi kelima yang sempat merangsek ke urutan kedua saat dimulai balapan.

Sang rookie, Pramac Racing, Jorgen Martin yang menghuni starting grid ke-14 cukup tampil mengensankan. Ia mampu menyalip pebalap didepannya dan melesat ke urutan keempat.

Saat sesi tersebut, yang menjadi empat teratas diduduki pebalap Ducati dari tim pabrikan maupun satelit, di antaranya Francesco Bagnaia, Jack Miller, Johann Zarco, dan Jorge Martin.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu, Virgo Minggu Ini Lagi Lesu Soal Cinta, Bagaimana dengan Finansialnya?

Duo Monster Energy Yamaha, Vinales dan Fabio Quartararo juga pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi secara berurutan pada posisi 5 sampai 7.

Namun sangat disayangkan pebalap LCR Honda, Takaaki Nakagami harus alami crash pada tikungan ke-9 di lap ke-7 dan tak bisa melanjutkan balapan di MotoGP Qatar itu.

Setelah Fabio Quartararo, giliran Maverick Vinales yang mencuri posisi Jack Miller. Vinales menyalip Miller dan menusuk ke posisi keempat.

Memasuki lap ke-10, empat pebalap teratas adalah Francesco Bagnaia, Johann Zarco, Fabio Quartararo, dan Maverick Vinales.

Di sisi lain, Valentino Rossi yang mengawali race dari urutan keempat merosot tajam ke posisi 11.

Bukan hari yang menyenangkan bagi Petronas Yamaha SRT. Selain Rossi, Franco Morbidelli yang start ketujuh terancam tidak mendapat poin usai turun ke posisi 19.

Maverick Vinales menunjukkan penampilan agresif pada MotoGP Qatar 2021. Ia berhasil menyalip Fabio Quartararo dan Johann Zarco saat balapan berjalan 12 lap.

Pebalap berjulukan Top Gun itu lalu mulai memberikan tekanan tinggi kepada Bagnaia yang masih nyaman berada di depan.

Dominasi Francesco Bagnaia pun berakhir pada lap ke-15 setelah dibalap Maverick Vinales.

Sementara itu, juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir mampu mengungguli Fabio Quartararo dan berada di posisi keenam.

Lap 17, Francesco Bagnaia harus kehilangan posisi runner-up setelah diasapi Johann Zarco.

Tiga lap menjelang balapan usai, Maverick Vinales semakin jauh di depan dan berjarak 1,6 detik dari Johann Zarco.

Sementara itu, Johann Zarco kehilangan zona podium seusai dibalap Joan Mir.

Memasuki lap terakhir, Johann Zarco kembali menguasai tempat kedua dan dominasi Maverick Vinales tak tergoyahkan.

Persaingan zona podium semakin ketat menjelang berakhirnya balapan. Joan Mir yang sempat kembali ke urutan kedua tergusur oleh dua pebalap sekaligus, yakni Johann Zarco dan Francesco Bagnaia.

Pada akhirnya, Maverick Vinales menjadi juara GP Qatar yang merupakan seri perdana MotoGP 2021. Sementara podium kedua dan ketiga menjadi milik Ducati.***

 

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x