Selamat Hari Pangan Sedunia 16 Oktober, Simak Berikut Sejarahnya Singkatnya

- 16 Oktober 2020, 14:50 WIB
Pentingnya kesadaran masalah kebutuhan pangan/
Pentingnya kesadaran masalah kebutuhan pangan/ /PIXABAY/sasint

POTENSI BISNIS - Hari ini, Jumat 16 Oktober 2020 merupakan peringatan Hari Pangan Sedunia. Sejak tahun 1981, setiap tanggal 6 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia.

Hari Pangan Sedunia tahun ini banyak disoroti dan menjadi momentum evaluasi terlebih lagi karena sedang berada ditengah pandemi Covid-19. Namun tahukah anda dengan sejarah Hari Pangan Sedunia ini? Berikut kami rangkum beberapa informasi terkait sejarah hari pangan sedunia. 

Dikutip dari laman dinaspangan.sumbarprov.go.id, sejarah peringatan Hari Pangan Sedunia bermula dari konferensi FAO ke 20 di Roma pada bulan November 1976.

Baca Juga: Peneliti: Hari Pangan Sedunia Jadi Momentum Evaluasi Bagi Kebijakan Nasional

Pada Konferensi FAO tersebut, diputuskanlah untuk dicetuskannya resolusi No. 179 mengenai World Food Day.

Resolusi tersebut akhirnya disepakati oleh 147 negara anggota FAO termasuk Indonesia di dalamnya. Ditetapkanlah bahwa setiap tanggal 16 Oktober mulai dari tahun 1981 segenap negara anggota FAO akan memperingati Hari Pangan Sedunia.

Peringatan Hari Pangan Sedunia tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat dunia akan pentingnya penanganan masalah pangan baik ditingkat global, regional maupun nasional. 

Baca Juga: ShopeePay Day Rayakan 11.11 Big Sale Dapatkan Voucher Gratis Ongkir Minimun Belanja Rp0 Lebih Hemat

Indonesia sebagai bagian dari keanggotaan FAO turut memperingati Hari Pangan Sedunia tersebut pada tanggal 16 Oktober setiap tahunnya.

Editor: Abdul Mugni

Sumber: dinaspangan.sumbarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x