SYL Pernah Tolak Uang dalam Kardus saat Menjabat Wagub Sulsel

- 11 Juni 2024, 09:45 WIB
SYL), disebut pernah menolak uang dalam satu kardus saat menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada 2003-2008.
SYL), disebut pernah menolak uang dalam satu kardus saat menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada 2003-2008. /Antara/

POTENSI BISNIS - Mantan Menteri Pertanian periode 2019-2023, Syahrul Yasin Limpo (SYL), disebut pernah menolak uang dalam satu kardus saat menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada 2003-2008.

Pernyataan ini disampaikan oleh Abdul Malik Faisal, Staf Ahli Gubernur Subbidang Hukum Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, yang menjadi saksi meringankan dalam kasus korupsi yang menjerat SYL.

Peristiwa tersebut terjadi ketika Abdul Malik Faisal masih menjabat sebagai Kepala Sekretariat Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Adik Mantan Menteri Pertanian Diperiksa KPK Terkait TPPU, Aset Mewah Disita

Dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada Senin, Malik menceritakan bahwa ada seorang tamu tak dikenal datang dengan membawa kardus dan ingin bertemu SYL.

"Saat itu, Pak SYL bertanya kepada saya siapa orang tersebut dan apa yang dibawa, namun saya tidak mengetahui dan tidak memeriksa kardus tersebut," kata Malik.Setelah tamu tersebut masuk dan keluar ruangan, kardus itu tetap berada di kantor SYL.

Menurut Malik, SYL kemudian memanggilnya dan memintanya untuk membawa kardus tersebut serta mengejar tamu itu untuk mengembalikannya.

Ketika kardus terbuka, Malik melihat isinya adalah uang. Ia pun mengembalikan kardus tersebut dan menyampaikan bahwa SYL tidak berkenan menerimanya.

"Itu pelajaran luar biasa. Pak SYL mengatakan, 'Malik, jangan harga dirimu hilang gara-gara uang, jangan kau terhina gara-gara uang,'" tutur Malik.

Halaman:

Editor: Mutia Tresna Syabania


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah