Fenomena Langka Hari ini, Planet Mars Lebih Dekat dengan Bumi Bisa Diamati Tanpa Teleskop

- 6 Oktober 2020, 11:53 WIB
Ilustrasi: planet Mars/
Ilustrasi: planet Mars/ /PIXABAY/BrunoAlbino

 

POTENSI BISNIS – Fenomena langka dan  menghiasi langit kita akan terjadi hari ini, Selasa 6/10/2020. Fenomena tersebut adalah Mendekatnya jarak Planet Mars dengan Bumi.

Planet Mars dengan Bumi hanya berjarak sekitar 62,1 juta Km. Fenomena ini menjadi jarak terdekat Planet Mars dan Bumi untuk 15 tahun ke depan. Tentunya ini akan menarik banyak warga dan menjadi pengalaman  yang berkesan bisa mengamati Mars bahklan tanpa bantuan teleskop.

Fenomena langka itu tidak menimbulkan efek yang berbahaya bagi para penghuni bumi yang ingin mengamatinya secara langsung. Jadi anda tidak perlu hawatir untuk bisa menikmati fenomena mendekatnya planet merah tersebut.

Baca Juga: KABAR POPULER HARI INI: Jika Terjadi Tsunami 7 Kecamatan Terdampak di Garut hingga Hari Guru Sedunia

Orbit dari keduanya, yakni Planet Mars dan Bumi berbentuk sedikit elips yang memungkinkan untuk bisa sangat dekat satu sama lain. Posisi paling dekat adalah ketika Bumi berada jauh dari Matahari (Aphelion) sedangkan Mars berada paling dekat dengan Matahari (Perihelion).

Pada titik ini jarak Mars dan Bumi paling sedikit 54,6 juta Km. Konfigurasi ini disebut oposisi yang terjadi setiap dua tahun atau lebih.

Karena jarak terdekat antara Mars dan Bumi ini, badan antariksa Amerika ( NASA) dan lembaga antariksa lainnya memanfaatkan jarak tersebut untuk meluncur misi antariksa menuju ke Mars.

Baca Juga: Tsunami 20 Meter Laut Selatan Jawa Mengancam, Alat Peringatan Dini Bencana Di Tasik Dilaporkan Rusak

Terkait kabar berdekatannya jarak antara Mars dan Bumi yang akan menghiasi langit ini sebelumnya telah tayang dengan judul “Hari ini Mars Lebih Dekat dengan Bumi, Fenomena Langka  Dapat Dilihat Mata Telanjang Tanpa Teleskop”.

Halaman:

Editor: Abdul Mugni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x