Deputi SDM Kemenkop UKM Sebut 10 Persen UMKM di Daerah akan Berpotensi Naik Statusnya

- 29 September 2020, 16:46 WIB
Ilustrasi: UMKM ditengah Covid-19/kkn-unram2020/
Ilustrasi: UMKM ditengah Covid-19/kkn-unram2020/ /kkn.unram.ac.id

POTENSI BISNIS - Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM Arif Rahman Hakim menyatakan, sebanyak 10 persen usaha mikro di berbagai daerah berpotensi naik statusnya.

Menurut dia, dalam kondisi yang sulit karena pandemi banyak usaha yang kinerjanya menurun, maka penting untuk menggerakkan upaya menumbuhkan kewirausahaan. 

"Pelaku usaha mikro jumlahnya 63,35 juta usaha. 10 persennya mempunyai potensi untuk bisa ditingkatkan," kata Arif Rahman Hakim dalam webinar, Selasa 29 September 2020.

Baca Juga: Insentif Prakerja Gelombang 10 Pasti Cair Lakukan 5 Hal Ini dan Hindari Stastus 7 Kelompok Ditolak 

Namun ia juga mengingatkan bahwa pada masa pandemi ini tidak semua jenis usaha mengalami penurunan karena ada juga yang berhasil menangkap peluang sehingga usahanya mengalami kenaikan.

Arif menuturkan ada 18 kementerian dan lembaga yang siap untuk terus mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tanah Air.

Ia mengingatkan bahwa jumlah UMKM saat ini secara nasional ada sekitar 64,1 juta dengan tingkat kontribusi terhadap PDB 61,07 persen dan menyerap hingga sebanyak 97,02 persen dari keseluruhan serapan tenaga kerja yang ada.

Baca Juga: Kemana Menkes Terawan? Berikut Jejak Menkes yang Tekenal sebagai Dokter Cuci Otak untuk Penyembuhan 

"Kami mempunyai target untuk pemberdayaan mikro dan usaha kecil. indikator utamanya adalah bisa meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB menjadi 65 persen," ucapnya.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x