Update Jumlah Pengungsi Rohingya di Aceh, Pemprov: Ribuan Orang!

- 12 Desember 2023, 14:02 WIB
Para pengungsi Rohingya terdampar di Taman Ratu Safiatuddin yang terletak tak jauh dari kantor gubernur, pada Senin, 11 Desember 2023.
Para pengungsi Rohingya terdampar di Taman Ratu Safiatuddin yang terletak tak jauh dari kantor gubernur, pada Senin, 11 Desember 2023. /Istimewa/

POTENSI BISNIS - Pemerintah Provinsi Aceh mengonfirmasi bahwa jumlah pengungsi dari etnis Rohingya di wilayah tersebut saat ini mencapai 1.684 individu, tersebar di delapan lokasi penampungan yang berbeda.

"Pada hari ini, jumlah pengungsi Rohingya di Aceh telah mencapai sekitar 1.684 orang, tersebar di delapan titik berbeda," ungkap Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, dalam pernyataannya di Banda Aceh pada hari Senin 11 Desember 2023.

Ratusan pengungsi etnis Rohingya tersebar di beberapa wilayah seperti Kota Sabang, Kota Banda Aceh, Kabupaten Pidie, dan Kota Lhokseumawe.

Baca Juga: Peluang MU Lolos Liga Champion 2023 Fase Grup, Syaratnya Ini!

Marzuki menjelaskan bahwa pemerintah daerah memiliki tanggung jawab yang telah diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016, yang mengharuskan pemerintah kabupaten/kota untuk menyiapkan lokasi penampungan bagi pengungsi.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa bantuan akan diberikan dengan bantuan dari lembaga internasional seperti UNHCR dan IOM untuk memenuhi kebutuhan lainnya yang diperlukan.

"Dalam hal ini, terdapat kewajiban yang harus dipenuhi, termasuk aspek sanitasi, kesehatan, tempat ibadah, dan kebutuhan lainnya," tuturnya.

Baca Juga: Mendag Zulhas Jadi Host Shopee Live, Bertemu UMKM yang Sukses Ekspor

Marzuki menegaskan bahwa penanganan di tempat-tempat penampungan tersebut harus memberikan prioritas utama pada pemberian bantuan kemanusiaan kepada para pengungsi.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x