Sejumlah Buruh Terus Menolak Tegas Omnibus Law RUU Ciptaker, Ternyata Ini Alasannya

- 25 Agustus 2020, 20:27 WIB
ilustrasi Omnibus Law.
ilustrasi Omnibus Law. /Pikiran-rakyat.com

POTENSI BISNIS - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, ada 9 alasan mengapa buruh menolak draft omnibus law.

Di antaranya, hilangnya upah minimum, berkurangnya nilai pesangon, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dipermudah, hak cuti dan upah atas cuti dihapus, TKA buruh kasar dipermudah masuk, sanksi pidana dihapus, serta hilangnya jaminan kesehatan, dan jaminan pensiun bagi pekerja kontrak serta outsourcing seumur hidup.

Selain itu, pekerja kontrak dan outsourcing diperbolehkan untuk seluruh jenis pekerjaan dan berlaku seumur hidup tanpa batas kontrak.

Baca Juga: Jika Omnibus Law Disahkan, KSPI Berharap UU No. 13/2003 Tidak Direvisi

Mengakibatkan, buruh tidak lagi diangkat menjadi karyawan tetap. Karena bukan karyawan tetap, dengan sendirinya, hak pesangon pekerja kontrak dan outsourcing tidak akan pernah mendapatkan pesangon seumur hidupnya selayaknya karyawan tetap.

"Dalam omnibus law, upah akan makin murah. Karena selain menghilangkan UMK dan UMSK, juga diberlakukan upah minimum industri pada karya. Selain itu, kenaikan upah hanya didasarkan pada pertumbuhan ekonomi. Padahal, dalam PP No 78/2005, kenaikan upah minimum didasarkan pada inflansi plus pertumbuhan ekonomi," papar Said Iqbal, Selasa 25 Agustus 2020.

Seperti dikabarkan sebelumnya, puluhan ribu buruh melakukan berunjuk rasa menolak omnibus law RUU Cipta Kerja di depan gedung DPR RI dan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian pada Selasa 25 Agustus 2020.

Baca Juga: Demo Buruh Hari Ini di Jakarta: Tolak Omnibus Law RUU Ciptaker dan Stop PHK

Sebagaimana PotensiBisnis.com melansir artikel Wartaekonomi sindikasi SINDONews, Aksi tersebut juga serentak digelar di beberapa daerah lainnya, yaitu Bandung, Serang, Semarang, Surabaya, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bengkulu, Riau, Batam, Lampung, Banjarmasin, Samarinda, Gorontalo, Makassar, Manado, Kendari, Mataram, Maluku, Ambon, Papua, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Warta Ekonomi Sindonews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x