Akses Jalan Kembali Normal Usai Banjir di Batas RI-Malaysia

- 9 Juli 2023, 13:16 WIB
Kolase Foto banjir di wilayah perbatasan RI-Malaysia
Kolase Foto banjir di wilayah perbatasan RI-Malaysia /Doc. Antara/

POTENSI BISNIS - Banjir di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, khususnya di Kecamatan Batang Lupar yang melanda ruas jalan nasional dan beberapa desa, mulai surut.

Meskipun akses jalan sudah pulih, dampak banjir terhadap masyarakat masih cukup besar.

Camat Batang Lupar, Aleksius Bulin, mengungkapkan bahwa banjir di Desa Labian dan Sungai Ajung sudah surut. Banyak rumah dan ternak yang terendam, namun kerugian yang terjadi masih perlu dikonfirmasi melalui laporan resmi dari desa-desa terkait.

Bulin memberikan keterangan ini saat dihubungi di Putussibau Kapuas Hulu pada hari Minggu. Banjir terjadi pada dini hari Sabtu 8 Juli 2023, di tiga desa di Kecamatan Batang Lupar.

Baca Juga: Cinta Tanpa Karena Sempat Berada di Top Rating Program TV, Warganet Sebut Amanda Manopo Aset Berharga RCTI

Akibatnya, pemukiman penduduk dan fasilitas umum tergenang, termasuk jalan nasional yang menghubungkan Kota Putussibau dengan perbatasan Indonesia-Malaysia.

Bulin menjelaskan bahwa penyebab banjir adalah curah hujan yang tinggi, menyebabkan sungai meluap di daerah tersebut.

"Saat ini, desa-desa yang terdampak sedang melakukan pendataan. Meskipun air sudah mulai surut, masih banyak harta benda masyarakat yang terkena dampak banjir," ucapnya dikutip dari ANTARA.

Ia juga menambahkan bahwa ia secara langsung meninjau kondisi pemukiman yang terendam banjir, dan melihat kondisinya yang memprihatinkan.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x