1 Muharram 1442 Hijriyah, Berikut Beberapa Amalan yang Dianjurkan Rasul

- 19 Agustus 2020, 19:42 WIB
Ilustrasi pawai obor sambut tahun baru Islam: Tahun baru islam yang jatuh pada 1 Muharram tinggal menghitung hari, Pemkot Bandung imbau warganya tidak menggelar pawai obor./Antara
Ilustrasi pawai obor sambut tahun baru Islam: Tahun baru islam yang jatuh pada 1 Muharram tinggal menghitung hari, Pemkot Bandung imbau warganya tidak menggelar pawai obor./Antara /

POTENSI BISNIS - Menuju pergantian tahun baru islam atau 1 Muharram 1442 Hijriyah hanya tinggal menunggu hari. Ada beberapa hari dan bulan yang sangat diistimewakan berdasarkan dalil dari Al Quran dan juga as Sunnah.

Salah satu bulan yang dimuliakan tersebut adalah bulan Muharram berdasarkan firman Allah Subhaanahu wa Ta’ala, “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu, dan perangilah musyrikin semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa.” (QS. at-Taubah: 36).

PotensiBisnis.com mencoba mengulas apa saja amalan yang dilakukan pada tanggal 1 Muharram secara lengkap untuk anda, silahkan disimak berikut ini:

Baca Juga: Spesial HUT ke 75 Jawa Barat, 10 Pesona Wisata Alam Pantai dan Gunung di Tanah Pasundan

1. Berpuasa

Di dalam riwayat Rayyan bin Syabib, Imam Ali Ridha as mengatakan, “Sesiapa berpuasa pada hari ini dan berdoa kepada Allah, maka dia akan mendapati doanya seperti diterimanya doa Nabi Zakariya as.” Anjuran berpuasa dan juga berdoa pada tanggal 1 Muharram ini sangat disarankan supaya doa dan puasa yang dijalankan tersebut akan diterima seperti doa Nabi Zakaria as yang diterima oleh Allah SWT.

2. Shalat dua rakaat dan Baca Doa

Dikutip dari Imam Ali Ridha as jika Rasulullah SAW pada hari pertama bulan Muharram melaksanakan shalat dua rakaat dan juga membacakan doa.

Ya Allah, Tuhan Yang Mahakarim, inilah tahun baru, aku memohon suaka-Mu dari kejahatan setan, kekuatan untuk menahan hawa nafsu yang menyeretku kepada kejelekan, sibuk dengan aktivitas yang mendekatkan diriku kepada-Mu. Wahai Zat Yang Maha Pemurah dan Pemilik kemuliaan. Wahai Sandaran orang yang tidak memiliki sandaran. Wahai Simpanan orang yang tidak memiliki simpanan, wahai Pelindung orang yang tidak memiliki perlindungan.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x