Presiden Jokowi : Tahukah Anda, dari Daerah Mana Gerangan Busana Adat yang Saya Kenakan Ini?

- 14 Agustus 2020, 19:08 WIB
Presiden Jokowi saat berpidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR di Gedung Legislatif Komplek Senayan, Jakarta Jumat, 14 Agustus 2020/
Presiden Jokowi saat berpidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR di Gedung Legislatif Komplek Senayan, Jakarta Jumat, 14 Agustus 2020/ //Twitter- @jokowi

POTENSI BISNIS - DPR/DPD RI melangsungkan Sidang Tahunan di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta pada Jumat 14 Agustus 2020.

Hadir pula orang nomor satu Indonesia, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia terlihat berbeda dari biasanya saat menyampaikan pidato kenegaraan di agenda sidang tersebut.

Jokowi mengenakan pakaian adat suku Sabu Nusa Tenggara Timur lengkap satu set, berwarna keemasan dan corak hitam serta dibalut masker berwarna hitam, sangat tampil casual cara berpakaiannya tersebut menarik perhatian seluruh tamu sidang.

Baca Juga: Jokowi Anggarkan Rp169,7 Triliun untuk Kesehatan, Termasuk Vaksin Covid-19 hingga Iuran BPJS

Di NTT sendiri terdapat beberapa suku, di antaranya suku Sabu, suku Rote, Suku Sumba, Suku Helong, suku Lio, suku Manggarai dan suku Dawan. Dari ketujuh suku yang ada tersebut, hanya empat suku yang memiliki baju adat sendiri, yakni suku Sabu, suku Rote, suku Helong dan suku Dawan. Pakaian adat ini dirancang baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Sebagaimana artikel beritadiy.pikiran-rakyat.com sebelumnya "Kenali Pakaian Adat Suku Sabu NTT yang Dikenakan Jokowi di Sidang Tahunan MPR", Setelan yang dikenakan Jokowi hari ini adalah pakaian dari suku Sabu untuk laki-laki, yang menurut beberapa sumber terdiri dari kemeja putih lengan panjang dan bawahan, lengkap dengan selendang, ikat kepala, sabuk dan perhiasan tambahan.

Baca Juga: Logo HUT ke-75 Republik Indonesia Instan Siap Pakai Bisa Didownload di Sini

Masyarakat adat suku Sabu biasanya mengenakan ikat kepala yang terbuat dari emas kalung mutisalak dan selendang yang dibuat dari sarung tenun untuk diselempangan di bahu si pemakai.

Sementara pakaian adat suku Sabu untuk perempuan terdiri dari kebaya dan kain tenun dengan pending berupa sarung yang diikatkan di bagian pinggang.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x