Soal Aprilia Manganang, Kemenpora: Kami Serahkan ke NOC, Pemerintah Terlalu Jauh Kalau ke Situ

- 10 Maret 2021, 21:32 WIB
KASAD menanggapi soal isu atlet voli putri Aprilia Manganang yang mengajukan untuk mengubah nama serta jenis kelamin.*
KASAD menanggapi soal isu atlet voli putri Aprilia Manganang yang mengajukan untuk mengubah nama serta jenis kelamin.* /Instagram @aprialia.manganang

POTENSI BISNIS – Nama Aprilia Manganang, seseorang mantan atlet timnas bola voli putri, sempat membuat masyarakat heboh karena dirinya ternyata adalah seorang laki-laki.

Atas temuan itu, akhirnya Menteri Pemuda dan olahraga Zainudin Amali pun mengutarakan sikapnya.

Menurutnya, Aprilia Manganang tidak bisa disalahkan bila ternyata dia adalah seorang pria, karena hal yang dialaminya itu merupakan landasan medis.

Baca Juga: Aplikasi Deepfake MyHeritage, Bantu Pengguna Kenang Memori Masa Lalu

“Saya kira juga harus disikapi sebagai kejadian yang tidak disengaja. Tidak ada yang mau mengaku-ngaku seperti ini, setelah dilakukan pemeriksaan detil baru diketahui jenis kelamin Aprilia laki-laki," ujar Menpora di Jakarta, Rabu 10 Maret 2021.

Lalu, terkait statusnya saat tergabung dalam tim bola voli putri, Menpora menilai hal itu sudah sesuai dengan statusnya saat ia masih berjenis kelamin wanita.

Dia juga menambahkan bahwa, Serda Aprilia sudah menjalani tes spesifik saat memasuki kedinasan di TNI AD, sebelum bergabung dengan timnas voli.

Atas dasar hal tersebutlah, hasil pemeriksaan baik di dinas militer dan cabang olahraga sudah sesuai prosedur dan valid.

"Kalau saat itu dia sadar (berkelamin) laki-laki dan tidak mengakui itu adalah tindakan yang tidak fair. Tapi kan ini tidak,” katanya, dikutip Potensibinis.com dari ANTARA.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x