Hari Pers Nasional 2021, Ucap Terima Kasih Jokowi: Campur Tangan Pers Sangat Berpengaruh

- 9 Februari 2021, 20:40 WIB
Jokowi.
Jokowi. /Tangkapan Layar Youtube.com / Sekretariat Presiden
 
POTENSI BISNIS – Hari Pers Nasional selalu diperingati setiap tanggal 9 Februari.
 
Dan ternyata Hari Pers Nasional ini sudah ada sejak tahun 1985.
 
Di mana Hari Pers Nasional ditetapkan secara resmi melalui Keputusan Presiden RI Nomor 5 Tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985.
 
 
Pada 9 Februari 1978 Presiden Soeharto meresmikan gedung Societiet Sasana Soeka menjadi Monumen Pers Nasional dengan penandatanganan prasasti.
 
Monumen Pers Nasional ini merupakan monumen dan museum khusus pers nasional Indonesia yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah.
 
Peringatan Hari Pers Nasional 9 Februari 2021 ini Presiden Jokowi sampaikan ucapan
terima kasih.
 
 
“Terima kasih Pers Indonesia,” kata Jokowi dikutip PotensiBisnis.com dari laman Instagram pribadinya @jokowi, Selasa, 9 Februari 2021.
 
Jokowi menyampaikan akibat dari pandemi ini dampaknya pasti sangat dirasakan oleh Pers sendiri.
 
Di awal, Jokowi sendiri telah menuturkan bagaimana kerasnya perjuangan pers di masa pandemi ini.
 
 
Dirinya pun menilai bahwa di saat-saat genting seperti ini campur tangan pers sangat berpengaruh dan membantu terhadap pemerintah, terutama dalam penyebaran berita yang valid.
 
Menurut Jokowi pers juga telah berperan sebagai penjernih informasi atau berita yang beredar di tengah-tengah masyarakat.
 
“Di masa-masa sulit seperti ini, Pers Indonesia berjuang di dua medan sekaligus: pandemi yang imbasnya menimpa dunia Pers sendiri dan tanggung jawab sebagai penjernih informasi di tengah lautan berita yang beredar di masyarakat,” tulis Jokowi.
 
 
Terlebih menurut Jokowi saat ini di Indonesia sendiri tengah dilakukan proses vaksinasi yang banyak beredar kabar tak benar terkait vaksin tersebut.
 
Maka Pers diharapkan bisa mencari sumber terpercaya mengenai Covid-19 dan vaksinasi, jangan sampai menyebarkan hoax.
 
“Bagi pemerintah, Pers telah menjadi suluh yang menerangi dan membuka pikiran, serta menyingkap segala informasi yang benar dari sumber terpercaya mengenai Covid-19 dan vaksinasi massal yang sudah kita mulai.
 
Dan tentu saja Pers menjadi ruang yang lapang untuk diskusi dan kritik untuk penanganan dampak pandemi yang lebih baik,” tulisnya kembali.
 
Selanjutnya, di akhir tulisan, Presiden Jokowi sampaikan ucapan terima kasih kepada Pers Indonesia.
 
Di samping itu, Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat mengatakan, peringatan HPN tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena dalam suasana pandemi Covid-19.
 
Meski begitu menurut Hilman hal tersebut tak akan menyurutkan semangatnya dalam berkarya mengembangkan Pers di Jabar.
 
“Meskipun dalam suasana pandemi covid-19, kita tetap selenggarakan kegiatan HPN. Keterbatasan ruang gerak tak menghalangi semangat untuk tetap berkarya untuk pengembangan pers di Jawa Barat,” kata Hilman di Bandung, Sabtu, 6 Februar 2021 lalu.***
 

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah