Dinasihati Istana Usai Pesta, Polisi Kabulkan Permintaan Maaf Raffi Ahmad

- 20 Januari 2021, 06:45 WIB
Raffi Ahmad foto bersama presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menjalani vaksinasi di Istana Merdeka.
Raffi Ahmad foto bersama presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menjalani vaksinasi di Istana Merdeka. /instagram/raffinagita1717/



POTENSIBISNIS - Tindakan Raffi Ahmad tuai kritikan banyak kalangan usai hadiri pesta ulang tahun kerabatnya.

Pasalnya, Raffi Ahmad sebelum hadir pada pesta tersebut, ia menjadi wakil pemuda dalam Vaksinasi Covid-19 di Istana Negara, 13 Januari 2021.

Awal mula menjadi kritikan banyak orang, Raffi Ahmad terlihat dalam postingan Instagram @Anyageraldine salah seorang sahabatnya.

Baca Juga: Baja Asal China Ancam Ribuan PHK Karyawan, Anggota DPR: Jangan Sampai Mati di Lumbung Sendiri

Dalam postingan tersebut, Raffi Ahmad terlihat sedang berfoto dan bernyanyi bersama tanpa menggunakan masker.

Terkait pesta itu, pihak istana menegur dan memberikan nasihat kepada Raffi Ahmad agar tidak melanggar protokol kesehatan (prokes).

"Sudah dinasihati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi COVID-19 agar menaati prokes," kata Kasetpres Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis 14 Januari 2021.

Baca Juga: Jembatan Terputus Akibat Banjir, Presiden Instruksikan Menteri PUPR Segera Perbaiki Kerusakan

Pada kesempatan terpisah, Raffi Ahmad akhirnya meminta maaf dan memberikan klarifikasi atas foto-foto di pesta itu.

Permintaan maaf Raffi Ahmad diunggah dalam bentuk video pada akun Instagram pribadinya @raffinagita1717, ia menyampaikan permintaan maaf kepada semua masyarakat Indonesia.

"Terkait kejadian tadi malam saya ingin sedikit klarifikasi. Tapi sebelumnya saya ingin minta maaf yang sebesar-besarnya, saya minta maaf kepada bapak Presiden Jokowi, kepada seluruh staf yang ada di sekretariat presiden dan juga minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tadi malam," kata Raffi Ahmad.

Baca Juga: UPDATE: Kasus Virus Corona di Indonesia Naik Jadi 917.015 Jiwa, per Senin 18 Januari 2021

Raffi Ahmad menyampaikan bahwa, kondisi tempat pesta yang dihadirinya sudah sesuai prokes.

"Di situ kondisinya juga memang sebelum masuk ke rumahnya mengikuti protokoler". Kata Raffi Ahmad.

Namun, terkait foto yang menyebabkan viral kemudian banyak yang mengkritik sebab melanggar prokes. Menurut Raffi itu sedang makan.

"Tapi pas di dalam, kebetulan saya lagi makan tidak pakai masker, ada yang foto, tapi apa pun itu saya juga minta maaf karena kejadian ini jadi heboh". Kata Raffi Ahmad.

Baca Juga: Listyo Sigit Prabowo Calon Kapolri Tunggal Pilihan Presiden, Tito Karnavian Beri Tanggapan Begini

Menyangkut hal tersebut, pihak Polda Metro Jaya menyebut tidak ada pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam pesta yang dihadiri Raffi Ahmad.

Pada hari Senin 18 Januari 2021, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, hanya 18 orang yang hadir.

"Unsur persangkaan di Pasal 93 (UU No.6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan) itu tidak ada, karena cuma 18 orang di situ". Kata Kombes Pol Yusri Yunus.

Setelah melakukan pemeriksaan tersebut, Yusri menyebutkan bahwa, acara tersebut juga sudah menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Tak Hanya Bantuan Dana, Jokowi Sigap Turun ke Lokasi Tinjau Langsung Dampak Banjir Kalsel

"Sudah kita periksa semuanya, ada tes usap antigen, isinya cuma 18 orang. Itu orang-orang terdekatnya saja dalam acara tersebut," kata Yusri.***

Editor: Abdul Mugni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x