Shalat Tarawih Bermanfaat bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Begini Kata Ahli

- 30 Maret 2024, 11:00 WIB
Ilustasi seseorang sedang shalat.
Ilustasi seseorang sedang shalat. /jim pave

POTENSI BISNIS - Di bulan puasa Ramadan umat muslim disunnahkan untuk melaksanakan shalat Tarawih, perbanyak sedekah, dan itikaf di masjid sambil membaca Alquran.

Ternyata, shalat Tarawih dipercaya dapat memberikan kenyamanan spiritual dan psikologis yang luar biasa bagi yang menjalankannya.

Meskipun diperlukan upaya fisik dan mental untuk melaksanakannya.

Dokter dan presiden Islamic Research Foundation International, Ibrahim B Syed, dalam esainya The Medical Benefits of Taraweeh Prayers yang diterbitkan di situs web IRFI mengatakan, beragam manfaat shalat Tarawih untuk kesehatan fisik, emosional, dan mental.

Baca Juga: Harvey Moeis Tersangka Kasus Dugaan Korupsi, Liburan Sandra Dewi ke Mancanegara Jadi Sorotan Publik

Menurutnya, shalat Tarawih seperti halnya shalat apa pun yang dilakukan umat Islam, memiliki efek yang sama pada tubuh dan pikiran seperti olahraga ringan.

Maka dari itu, shalat arawih meningkatkan suasana hati, pikiran, dan perilaku, seperti halnya olahraga.

Syed menjelaskan, shalat Tarawih menimbulkan rasa sejahtera dan energi yang lebih besar, mengurangi kecemasan dan depresi, memengaruhi suasana hati dengan baik, serta berkontribusi pada harga diri dan aura percaya diri.

"Shalat Tarawih meningkatkan daya ingat pada orang lanjut usia terutama dengan pengulangan ayat yang terus-menerus," kata Syed.

Halaman:

Editor: Mutia Tresna Syabania


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x