MotoGP Argentina 2022: Sesi FP1 hingga Kualifikasi Berlangsung Sabtu, CEO Dorna Singgung Efek Perang Rusia

- 1 April 2022, 11:13 WIB
CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan kronologi penundaan MotoGP Argentina 2022 hingga Sabtu, 2 April mendatang./
CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan kronologi penundaan MotoGP Argentina 2022 hingga Sabtu, 2 April mendatang./ /Twitter.com/@motogp

POTENSI BISNIS - CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan kronologi penundaan MotoGP Argentina 2022 hingga Sabtu, 2 April mendatang.

Dua sesi latihan bebas atau free practice MotoGP Argentina 2022 yang semula dijadwalkan berlangsung pada Jumat, 1 April ditunda.

Hal tersebut lantaran belum semua pesawat yang membawa logistik paddock MotoGP seperti miliki Ducati, Gresini, dan VR46 belum tiba di Argentina.

Baca Juga: Jelang MotoGP Argentina 2022: Pebalap LCR Honda Positif Covid-19

Ezpeleta menjelaskan masalah yang dihadapi Dorna Sports hingga MotoGP Argentina 2022 diundur ke Sabtu.

Bos Dorna mengatakan, semua pengiriman karto tim-tim MotoGP dari Mandalika, Lombok ke Argentina sudah dipersiapkan dengan matang.

Masalah kemudian muncul setelah satu di antara pesawat kargo yang disewa Dorna mengalami kerusakan.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Argentina 2022 Terbaru, Ada Perubahan Dampak Masalah Pengiriman Kargo

"Seperti yang kalian tahu kami di Lombok dua minggu lalu, semuanya sudah dipersiapkan dengan baik karena ada jeda seminggu di tengah. Rabu lalu kami mengirim dua penerbangan berbeda dari lombok Argentina dan satu penerbangan mengalami masalah di Mombasa, di Afrika," kata Ezpeleta, dikutip dari MotoGP.

Pesawat yang mengalami masalah di Mombasa, Kenya tersebut semua dijadwalkan kembali ke Lombok untuk mengambil kargo tersisa.

Dorna kemudian mengambil keputusan untuk mengirim satu pesawat yang sudah tiba di Argentina untuk mengambil kargo tersisa di Lombok.

Baca Juga: MotoGP Argentina 2022: Pol Espargaro Ingin Lupakan Hasil Buruk di Mandalika

Namun, lagi-lagi pesawat tersebut mengalami masalah setibanya di Mombasa.

"Kemudian kami mengambil keputusan penerbangn lain yang sudah tiba di Argentina harus kembali Lombok, membawa hal-hal terakhir dari barang untuk dibawa ke sini ke Argentina. Kami melakukan itu, tetapi sayangnya penerbangan ini juga memiliki masalah teknis, di Mombasa lagi, dan itu tidak bisa datang (waktu yang tepat)," kata dia.

"Pada prinsipnya lepas landas kemarin untuk tiba nanti hari, tetapi masalahnya lebih besar dari yang kami sadari. Rupanya masalahnya ada di katup satu di antara dari empat mesin pesawat," kata dia.

Ezpeleta mengaku pihak Dorna Sports sudah berusaha mencari penerbangan kargo dari perusahaan pesawat yang lainnya, tapi tidak membuahkan hasil.

Baca Juga: Tes Psikologi: Coba Temukan Hal Tersembunyi dalam Gambar Ini, Jawabannya Bikin Anda Fokus

Pria asal Spanyol itu mengklaim perang Rusia vs Ukraina memberi efek, pasalnya 20 persen perusahaan pesawat kargo berasal dari Rusia yang terkena sanksi.

Dorna kemudian mengambil keputusan untuk menunggu pesawat carteran mereka diperbaiki di Mombasa.

Ezpeleta mengatakan, pesawat dijadwalkan terbang pada Kamis pukul 20.00 waktu Argentina malam, dan kargo baru akan tiba di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada Jumat.

"Dua penerbangan sudah dilakukan untuk membawa katup ke Mombasa. Secara teori katup tiba di Mombasa sekarang, atau segara, untuk diperbaiki sore ini. Jika semuanya berjalan dengan baik, sekitar jam 8 malam ini, penerbangan akan berangkat tepat waktu untuk melakukan jadwal baru yang disiapkan untuk hari Sabtu," kata dia.

Meski hanya sebagian kargo tim MotoGP Argentina yang belum tiba, Dorna memutuskan untuk membatalkan semua kegiatan pada Jumat.

Sebagai gantinya FP1, FP2, FP3 dan kualifikasi MotoGP Argentina 2022 baru dimulai Sabtu, 2 April 2022.***

 

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: MotoGP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x