Jika Terjadi Megathrust dan Tsunami 20 Meter, Ilmuwan: Potensi Paling Besar di Jabar Ketimbang Jatim

- 1 Oktober 2020, 20:31 WIB
Ilustrasi tsunami.
Ilustrasi tsunami. /PIXABAY/rolandmey

POTENSI BISNIS - Riset yang berjudul "Implications for Megathrust Earthquakes and Tsunamis from Seismic Gaps South of Java Indonesia". Belakangan menggemparkan publik dengan hasil riset tim peneliti Institute Teknologi Bandung (ITB), yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Scientific Report.

Isi dari riset tersebut adalah adanya potensi terjadinya gempa megathrust di Selatan Pulau Jawa dengan gelombang tsunami setinggi mencapai 20 meter.

Guru Besar Seismologi ITB menyampaikan hasil risetnya bersama tim penelitinya dalam acara yang digelar secara virtual yang berbicara tentang implikasi gempa megathrust di Selatan Jawa.

Baca Juga: UPDATE: BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5 Segera Cair? Menaker Pastikan 3,3 Juta Gagal Menerimanya

Dalam acara tersebut, Sri Widiantoro juga memberikan peringatan akan adanya potensi gempa yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, gelombang tsunami diprediksi dapat mencapai tinggi 20 meter di daerah selatan Banten.

Potensi ini muncul dikarenakan adanya zona aktif tektonik yang ada di Selatan Pulau Jawa sehingga dapat menimbulkan gempa berskala besar.

Dalam acara virtual ini, Sri Widiantoro memaparkan hasil simulasi selama 3 jam dalam penelitiannya terkait terjadinya gempa megathrust dengan menggunakan model sumber gempa dari hasil inversi data GPS.

Baca Juga: Tips Kelola Keuangan di Usia 20-an Agar Tetap Aman Habis Gajian

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Jurnal Presesi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x