Mungkinkah Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal III Membaik? Simak Penjelasan Menkeu

- 10 September 2020, 08:36 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat melakukan video conference.*
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat melakukan video conference.* /Instagram/@smindrawati

POTENSI BISNIS - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III relatif lebih baik dibanding kuartal sebelumnya di tahun 2020.

Ia menjelaskan, outlook ekonomi Indonesia untuk tahun 2020 dilakukan revisis ke bawah, dari yang tadinya diperkirakan 2020 anggaran -0,4 hingga 2,3 persen, pemerintah melakukan revisi menjadi -1,1 hingga 0,2 persen.

"Kontraksi ekonomi Indonesia di tahun 2020 ini pada kuartal kedua kemungkinan masih akan berlangsung dari sisi kuartal ketiga. Meski suasana kuartal ketiga mungkin relatif lebih baik dari kuartal kedua tersebut," ujar Sri Mulyani dalam video conference Raker Komite IV DPD RI membahas RUU Pelaksanaan APBN 2019 dan RAPBN 2021, Rabu 9 September 2020.

Baca Juga: Angka Positif Terus Meningkat, Jakarta Kembali Terapkan PSBB Ketat

Berbagai lembaga internasional juga melakukan revisi terhadap proyeksi ekonomi Indonesia, seperti Bank Pembangunan Asia atau ADB yang sudah merevisi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari perkirakan di 2,5 persen menjadi tumbuh minus 1,0 persen.

Kemudian, IMF pada April-Maret memperkirakan ekonomi Indonesia 2020 tumbuh 0,5 persen direvisi akan tumbuh minus 0,3 persen.

Dilansir PotensiBisnis.com dari Wartaekonomi, OECD juga memperkirakan perekonomian Indonesia bisa antara -2,8 hingga -3,9 persen.

"Ini menggambarkan bahwa pandemi Covid-19, sesudah dialami oleh semua negara dan meningkat terutama pada kuartal kedua dan kuartal ketiga, memang dampak ekonominya sangat luar biasa dan ini memengaruhi dari sisi demand maupun supply," ujarnya.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Merah Putih Menggunakan Isolat Virus yang Beredar di Indonesia, Apakah Aman?

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x