Kapan Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2022? Kemenag akan Gelar Rukyatul Hilal di 99 Titik

- 22 April 2022, 13:31 WIB
Ilustrasi rukyatul hilal. Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2022 akan digelar di Auditorium HM Rasjid Kementerian Agama (Kemenag) pada Minggu, 1 Mei 2022./
Ilustrasi rukyatul hilal. Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2022 akan digelar di Auditorium HM Rasjid Kementerian Agama (Kemenag) pada Minggu, 1 Mei 2022./ /PMJ News/

POTENSI BISNIS - Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2022 akan digelar di Auditorium HM Rasjid Kementerian Agama (Kemenag) pada Minggu, 1 Mei 2022.

Kemenag akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Syawal 1443 H dilaksanakan terlebih dahulu dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Unifikasi Kalender Hijiryah Kemenag.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menerangkan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil dua metode.

Baca Juga: Tips Ampuh Hindari Kulit Kering saat Puasa Ramadhan 2022

Yakni, berdasarkan hasil perhitungan secara astronomi (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanismen pemantauan (rukyatul) hilal.

Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Minggu, 1 Mei 2022 atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 H.

"Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas derajat," kata Kamarruddin, dikutip dari laman Kemenag.

Sementara itu, Kamarruddin, awal Syawal 1443 H menunggu hasil rukyatul hilal, kemudian sidang isbat dan akan diumumkan.

Baca Juga: Babak Baru Andin dan Ammar, Posisi Aldebaran di Hati sang Istri Tergantikan karena Hal Ini di Ikatan Cinta

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah