FAKTA atau HOAX: Dikabarkan Data PeduliLindungi Direkam Singapura, Simak Ini Faktanya

- 5 Oktober 2021, 08:34 WIB
Ilustrasi: HOAX atau FAKTA: Dikabarkann Data PeduliLindungi Direkam Singapura, Simak Ini Faktanya.*
Ilustrasi: HOAX atau FAKTA: Dikabarkann Data PeduliLindungi Direkam Singapura, Simak Ini Faktanya.* /Aprillio Akbar/ANTARA FOTO

POTENSI BISNIS - Sebuah kabar beredar di media sosial Twitter dengan narasi seluruh data di aplikasi PeduliLindungi sudah direkam pihak pengembang di Singapura.

Narasi tersebut muncul, dikarenakan aplikasi PeduliLindungi diklaim sebagai perangkat lunak buatan Singapura lalu digunakan di Indonesia.

Baca Juga: HOAX atau FAKTA: Dikabarkan Jokowi akan Jual Sebagian Pulau Kaltim, Simak Berikut Faktanya

Dalam sebuah akun Twitter seorang warganet, yang menyatakan "Ternyata aplikasi PEDULI LINDUNGI itu aplikasi bikinan SINGAPORE. Gila.... Seluruh data kita direkam Singapore, dan kedaulatan Data Indonesia suda ada ditangan mereka, meski ini aplikasi Telkom. Mereka tau Alamat kita, tgl Lahir kita, email Kita, kita makan apa, kita kemana aja... semua mereka tau. Kalau info ini salah mohon saya di informasikan apa yang salah".

HOAX atau FAKTA: Dikabarkann Data PeduliLindungi Direkam Singapura, Simak Ini Faktanya .*
HOAX atau FAKTA: Dikabarkann Data PeduliLindungi Direkam Singapura, Simak Ini Faktanya .*

Penjelasan:

Sebagaimana dilansir dari laman TurnBackHoax, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedi Permadi menerangkan, kalau aplikasi PeduliLindungi merupakan buatan anak bangsa.

Baca Juga: CEK FAKTA: Dikabarkan Tukul Arwana Meninggal Dunia Akibat Pendarahan Otak, Simak Faktanya

Kemudian, dikembangkan oleh Pemerintah dan PT Telkom Indonesia. Sehingga data yang dikelola dalam PeduliLindungi juga ditempatkan di pusat data nasional, yang dikelola oleh Kemenkominfo.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA Turnback Hoax


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x