Kemendikbud Luncurkan Pertukaran Pelajar Merdeka, Mahasiswa Bisa Kuliah di Kampus Lain

- 14 April 2021, 15:03 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program Pertukaran Pelajar Merdeka pada Senin, 12 April 2021.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program Pertukaran Pelajar Merdeka pada Senin, 12 April 2021. /Tangkapan layar YouTube/ KEMENDIKBUD RI/

POTENSI BISNIS - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program Pertukaran Pelajar Merdeka pada Senin, 12 April 2021.

Mendikbud Nadiem Makarim mengajak para dosen untuk mendorong mahasiswa mengikuti Program Pertukaran Pelajar Merdeka.

Direktur Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam menjelaskan, program pertukaran pelajar kampus merdeka merupakan upaya kementeriannya membangun pemahaman para mahasiswa terhadap budaya di Tanah Air.

Baca Juga: Sambut Program Mendikbud, Rektor UNJ: Dengan KIP Kuliah Merdeka, dapat Memilih Sesuai Potensi, Minat dan Bakat

Nizam menjelaskan, lewat program ini mahasiswa akan ditempatkan ke kampus lain agar bisa mengenal seluk beluk budaya di daerah tempat kampus tersebut. 

"Kita memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama satu semester meninggalkan kampusnya untuk mengeksplorasi keragaman budaya dan keragaman makanan, keragaman tarian, seni. Dan mempunyai sahabat baru, saudara, keluarga asuh di tempat pertukaran mahasiswa tersebut," kata Nizam dalam konferensi pers virtual, Senin 12 April 2021 yang dikutip PotensiBisnis.com dari kanal YouTube Kemendikbud.

Lebih lanjut Nizam menjelaskan, mahasiswa bukan hanya mengenal budaya dari sudut lain Indonesia. Melainkan pula mempunyai jajaran yang cukup luas serta beragam usai mengikuti program ini.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,1 SR Guncang Lebak-Banten

Pertukaran pelajar ini tidak hanya dilakukan dalam kota dari satu kampus dengan kampus yang lain. Pertukaran akan dilakukan antar pulau.

Halaman:

Editor: Babah Pram

Sumber: YouTube KEMENDIKBUD RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x