Penyair Indonesia Umbu Landu Paranggi Tutup Usia

- 6 April 2021, 14:07 WIB
Umbu Landu Paranggi wafat.
Umbu Landu Paranggi wafat. /Twitter: @ganjarpranowo/

 

POTENSI BISNIS – Penyair Umbu Landu Paranggi yang juga dijuluki sebagai Presiden Malioboro dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 06 April 2021 pukul 03.55 WITA. Umbu wafat di usia 77 tahun.

Umbu Landu Paranggi merupakan seorang seniman sastra Indonesia dan senatiasa menciptakan karya-karya berupa esai dan puisi yang dipublikasikan di berbagai media.

Penyair asal Sumba itu diketahui merupakan guru para penyair muda pada zamannya seperti: Emha Ainun Nadjib (Cak Nun), Eko Tunas, Linus Suryadi, dan lain-lain.

Baca Juga: Kabar Duka, Penulis Cum Aktivis Asal Mesir Nawal El Saadawi Wafat

 Baca Juga: Hakim yang Vonis Mati Saddam Hussein Wafat Akibat Covid-19

Kabar duka ini dikonfirmasi melalui cuitan akun Twitter resmi Komunitas Maiyah Kenduri Cinta @kenduricinta, yang menyatakan Umbu Landu Paranggi tutup usia di Rumah Sakit Bali Mandara, Bali.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.... Duka kami, mengantarmu ke huma yang sejati Bapak Umbu Landu Paranggi. Pada hari Selasa, tanggal 6 April 2021 pukul 03.55 WITA di RS Bali Mandara. #MaiyahBerduka," tulis akun @kenduricinta.

Pada tahun 1970an, Umbu Landu Paranggi membentuk komunitas Persada Studi Klub, yang merupakan kumpulan penyair, sastrawan, seniman di Malioboro, Yogyakarta, dari situlah asal mula Umbu dikenal sebagai Presiden Malioboro.

Umbu telah menghasilkan karya-karya sastra di antaranya Melodia, Solitude, Sabana, dan Di Sebuah Gereja Gunung serta pernah meraih penghargaan dari Festival Bali Jani di bidang sastra pada tahun 2020.

Halaman:

Editor: Babah Pram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah