Ilmuwan Penemu Lampu LED dan Peraih Nobel Isamu Akasaki Wafat

- 3 April 2021, 15:57 WIB
lmuwan Jepang, Isamu Akasaki memenangkan Nobel Fisika pada tahun 2014
lmuwan Jepang, Isamu Akasaki memenangkan Nobel Fisika pada tahun 2014 /Dok.Reuters via Today Online/

POTENSI BISNIS – Ilmuwan sekaligus peraih Nobel asal Jepang Isamu Akasaki, dikabarkan meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Nagoya, Jepang, pada Kamis pagi, 1 April 2021, waktu setempat.  Isamu menghembuskan nafas terakhir di usia 92 tahun.

Isamu Akasaki dikenal sebagai perintis penerangan lampu LED hemat energi yang merupakan terobosan untuk melawan pemanasan global dan kemiskinan. 

Dilansir dari Japan Today, berdasarkan keterangan dari pihak Universitas Meijo, tempat Asaki mendapat gelar profesor, Isamu Akasaki meninggal di Nagoya karena penyakit pneumonia yang dideritanya.

Baca Juga: Kabar Duka, Penulis Cum Aktivis Asal Mesir Nawal El Saadawi Wafat

Asaki memenangkan penghargaan Nobel pada  2014, bersama kedua ilmuwan lainnya, Hiroshi Amano dan Shuji Nakamura. Mereka mengembangkan dioda pemancar cahaya biru yang digambarkan sebuah penemuan yang “revolusioner” oleh juri Nobel.

Ketiga ilmuwan memulai penelitian sejak 1990-an, setelah tiga dekade bekerja keras mereka berhasil mendapatkan sinar biru cerah dari semikonduktor.

Diketahui, lampu LED dapat bertahan selama puluhan ribu jam dengan hanya menggunakan energi lebih sedikit dibandingkan dengan bola lampu pijar yang pertama kali diciptakan oleh Thomas Edison pada abad ke-19. 

Dioda merah dan hijau telah ada sejak lama, tetapi merancang LED biru adalah cawan putih, karena ketiga warna perlu dicampur untuk kembali ciptakan cahaya putih Matahari.

Baca Juga: Kenali 5 Tips Mengatasi Misinformasi di Internet, Ingat! Jangan Asal Share

Halaman:

Editor: Babah Pram

Sumber: Japan Today


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x