Peringatan Hari Film Nasional, Kemenparekraf segera Bentuk Satgas anti-Pembajakan

- 30 Maret 2021, 16:39 WIB
Hari Film Nasional, Sandiaga Uno Apresiasi Insan Perfilman di Masa Pandemi Covid-19.
Hari Film Nasional, Sandiaga Uno Apresiasi Insan Perfilman di Masa Pandemi Covid-19. /Instagram @sandiuno/

POTENSI BISNIS - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedang menyiapkan untuk pembentukan satgas anti-pembajakan.

Dibentuknya satgas itu untuk memberantas kejahatan digital terhadap film-film yang tayang melalui layanan platform film online.

Direktur Industri Kreatif, Film, Televisi dan Animasi Kemenparekraf Syaifullah Agam menyampaikan mengenai era streaming digital yang semakin populer sejak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Polri Selidiki Kaitan Terduga Teroris Bekasi-Condet dengan Bom Makassar

Baca Juga: Napi Teroris ucap Ikrar Setia NKRI di Lapas Kelas IIA Metro Lampung

"Itulah semua akan membuka peluang pembajakan dengan cara baru, misalnya merekam secara manual melalui alat-alat tertentu dari rumah," kata Syaifullah.

Pembajak akan melakukan cara baru dengan menyebarkan film-film yang hanya dapat ditonton jika berlangganan secara khusus melalui layanan over the top (OTT).

"Di era pandemi atau era streaming digital pembajakan makin marak. Kalau di bioskop kita bajak pakai kamera infrared kan kelihatan. Kalau sekarang, misal saya pakai TV yang 4K atau 8K, terus saya pakai alat perekam yang 8K juga tinggal dihadapkan aja ke TV-nya kan bisa direkam jelas kayak DVD," ujar Syaifullah saat dihubungi ANTARA, Selasa, 30 Maret 2021.

Baca Juga: Perbedaan PTM Terbatas dan Masuk Sekolah Normal, Nadiem Makarim: Dilakukan Secara Bertahap

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x