Terkait SPAM Umbulan di Jawa Timur, Jokowi: Jangan Sampai Proyek Besar Tidak Dimanfaatkan

- 22 Maret 2021, 16:42 WIB
Presiden Republik Indonesia ke-7, Joko Widodo / instagram / @jokowi
Presiden Republik Indonesia ke-7, Joko Widodo / instagram / @jokowi /

POTENSI BISNIS – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Pasuruan Jawa Timur pada Senin, 22 Maret 2021.

Dikutip PotensiBisnis.com melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden bahwa proyek besar ini menghabiskan dana senilai Rp2,05 Triliun itu diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama wilayah yang teraliri air dari proyek SPAM ini.

Presiden Jokowi meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, para kepala daerah, dan juga kontraktor proyek SPAM Umbulan ini berdiskusi membahas langkah lanjutan agar air proyek minum ini dapat segera beroperasi maksimal dan dapat dimanfaatkan sebaik-baik oleh masyarakat.

Baca Juga: Daftar Universitas Penerima Mahasiswa SNMPTN 2021 Terbanyak, Mahasiswa KIP Kuliah Banyak di PTN Ini

Baca Juga: Kemen PUPR Mempersiapkan 65 Bendungan Baru di Indonesia

“Saya minta tadi Bupati dan Wali Kota yang akan teraliri oleh air ini agar dengan Gubernur dengan menteri PUPR dan juga menegemen PT Meta duduk bersama. Ini bukan persoalan gampang, siapa mengerjakan apa, siapa bertanggung jawab dimana,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan kapasitas SPAM ini cukup besar, dapat memperoleh 4.000 liter perdetik. Namun, saat ini yang baru dapat dimanfaatkan hanya mencapai 900 liter perdetik.

“Artinya masih ada 80 persen yang harus segera diselesaikan dari pipa utama sampai masuk ke pipa rumah tangga,” ujarnya.

Baca Juga: Drama Korea The Penthouse 2 Dikeluhkan Netizen Korea: Terlalu Bringas dan Sadis

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: YouTube Sobat Dosen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah