Pemerintah Tetapkan Peniadaan UN dan ujian kesetaraan, Ini Gantinya

- 4 Februari 2021, 12:10 WIB
Ilustrasi: Siswa mengikuti UNBK
Ilustrasi: Siswa mengikuti UNBK /ANTARA/Syifa Yulinnas

POTENSIBISNIS.COM - Pemerintah resmi menetapkan ditiadakannya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian sekolah untuk jenjang SMP/MTS dan SMA.

Keputusan ini diambil sebagai langkah upaya melindungi keselamatan dan keamanan peserta didik dari terjangkitnya wabah Covid -19.

Keputusan itu disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim melalui surat edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Baca Juga: Terkait 'Sunat' Insentif Nakes IDI Khawatir, Fadli Zon: Mereka Pahlawan Kita, Harusnya Dinaikkan

Surat edaran tersebut diterbitkan Mendikbud di Jakarta pada 1 Februari 2021.

Sebagaimana dikutip PotensiBisnis.com dari ANTARA, Kamis, 4 Februari 2021, dalam surat edaran tersebut dijelaskan Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dilaksanakan dalam bentuk berikut yakni portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap atau perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes secara luring atau daring, dan atau bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Begitu juga untuk peserta didik penyetaraan.

Baca Juga: Meski BSU BLT BPJS Tak Ada di APBN 2021, Menaker Sebut Insentif Pekerja Tetap di Kartu Prakerja Ini Bocorannya

Selain ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan, maka peserta didik SMK juga dapat mengikuti ujian kompetensi keahlian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x