Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas, Enam Desa Terdampak Hujan Abu Vulkanik

- 3 Februari 2021, 11:55 WIB
Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Tgimur kembali erupsi pada Selasa 2 Februari 2021 (foto-dok-Antara)
Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Tgimur kembali erupsi pada Selasa 2 Februari 2021 (foto-dok-Antara) /


POTENSIBISNIS - Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali meluncurkan awan panas guguran pada Selasa, 2 Februari 2021 pukul 06.36 WIB.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) itu meluncurkan awan panas sejauh dua kilometer dari lidah lava.

Sebelunya, Gunung Semeru erupsi dan meluncurkan awan panas guguran sejauh empat kilometer pada Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 17.24 WIB.

Baca Juga: Ini Syarat bagi Pengguna Kereta Api di Stasiun Senen, Budi Karya: GeNose Ini Sudah Teruji

Namun, secara visual letusan tak teramati dan erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 4.287 detik.

Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani menyampaikan hal itu.

"Memang benar telah terjadi awan panas guguran satu kali di Gunung Semeru tadi pagi," kata Nia Haerani dihubungi ANTARA, di Lumajang.

Baca Juga: Proses Syuting Ikatan Cinta Tak Dihentikan, Melainkan Disanksi dengan Denda Segini

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengatakan, hujan abu vulkanik mengguyur enak desa.

"Hari ini (Selasa) hujan abu vulkanik mengguyur enam desa di dua kecamatan yaitu, Kecamatan Candipuro dan Pasrujambe," kata Wawan Hadi di Lumajang.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah