Besarnya Daya Jelajah Drone Asing yang Ditemukan di Sulawesi, Kasal: Tergantung Siapa yang Pakai

- 4 Januari 2021, 18:10 WIB
Lambang Negara Pancasila. Pernyataan tegas keluar dari muluk Wakil DPR RI, Aziz Syamsuddin saat tahu lambang negara Republik Indonesia, Burung Garuda dilecehkan. Belum diketahui secara pasti siapa yang membuat Burung Garuda dan parodi pelesatan lagu nasional itu dihinakan.
Lambang Negara Pancasila. Pernyataan tegas keluar dari muluk Wakil DPR RI, Aziz Syamsuddin saat tahu lambang negara Republik Indonesia, Burung Garuda dilecehkan. Belum diketahui secara pasti siapa yang membuat Burung Garuda dan parodi pelesatan lagu nasional itu dihinakan. /BPIP/via portal kudus/

POTENSIBISNIS - Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti mengatakan pemerintah harus mengusut pemilik pesawat nirawak bawah laut tersebut.

Ia mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai aktivitas mata-mata atau spionase dari negara lain.

"Ditemukannya pesawat nirawak bawah laut atau seaglider di laut Kabupaten Selayar tidak bisa disepelekan. Ada potensi spionase dari seaglider yang belum teridentifikasi milik siapa itu. Indonesia harus waspada," ujar La Nyalla.

Setelah dikabarkan penemuan drone di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, 26 Desember 2020, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono berkata lain.

Yudo mengatakan, drone bawah laut yang ditemukan nelayan di perairan tersebut merupakan sea glider untuk riset bawah laut.

"Alat ini sea glider, banyak untuk keperluan survei atau untuk mencari data oseanografi di laut, di bawah lautan," kata Yudo dikutip PRBandungRaya.com dari Antara Senin 4 Januari 2021.

Baca Juga: DUH! Di Jatim, BPK Banyak Temukan Penerima Bansos Covid-19 Bermasalah

Menurut Yudo, sea glider memang bisa untuk berbagai kepentingan, mulai dari kepentingan industri, survei hingga kepentingan militer, karena kemampuannya dalam memetakan kondisi tertentu.

"Alat ini bisa untuk industri maupun untuk pertahanan. Tergantung pada siapa yang memakai," katanya.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah