Israel Lolos Piala Dunia U-20 di Indonesia, Menpora Sebut Semua Negara Berhak Menjadi Peserta

- 27 Juni 2022, 14:50 WIB
Menpora Zainudin Amali. Tim Nasional Sepak Bola Israel memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Menpora sebut semua negara berhak jadi peserta.
Menpora Zainudin Amali. Tim Nasional Sepak Bola Israel memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Menpora sebut semua negara berhak jadi peserta. /Instagram @kemenpora

 
POTENSI BISNIS - Tim Nasional Sepak Bola Israel memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023.
 
Diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023.
 
Kepastian Israel lolos setelah dikalahkan 0-1 oleh Inggris pada laga terakhir Grup B Piala Eropa U-19 2022.
 
 
Pada pertandingan yang digelar di Stadion Mestsky, Ziar Nad Hronom, Slovakia, Sabtu, 25 Juni 2022, gol Inggris dicetak oleh Liam Delap pada menit ke-6.
 
Dengan kemenangan ini, Inggris keluar sebagai juara Grup B dengan mengemas poin sempurna.
 
Meskipun kalah, Israel tetap lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 sebagai runner up Grup B dengan koleksi 4 poin.
 
Sedangkan Austria menempati peringkat 3 Grup B dengan mengemas 3 poin, dan Serbia yang harus rela berada di juru kunci.
 
 
Yunus Nusi selaku Sekjen PSSI menegaskan negara manapun memiliki hak untuk bermain di Piala Dunia U-20 di Indonesia jika memang lolos.
 
"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement pemerintah tahun lalu. Siapapun yang lolos bisa datang," ujarnya dikutip PotensiBisnis.com dari laman PSSI.
 
Yunus Nusi menegaskan bahwa keputusannya itu merupakan hasil dari rapat terakhir tahun lalu.
 
"Israel tetap kami akomodasi. Itu adalah keputusan terakhir kami di rapat dengan pemerintah pada tahun lalu menyangkut Israel," tegasnya.
 
Sama halnya dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali yang menegaskan Israel memiliki jaminan untuk tampil di Piala Dunia U-20 di Indonesia.
 
"Sudah kami bahas sejak 2019. Semua negara yang lolos menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023, dipersilahkan untuk bermain," tutur Amali pada 23 Juni lalu.
 
Amali juga menegaskan bahwa olahraga tidak ada urusannya dengan politik. Sebagaimana yang FIFA sampaikan kepada pihaknya.
 
"Jadikan olahraga itu tidak ada urusannya dengan politik. Karena itu FIFA sudah menyampaikan kepada kami, siapapun negara yang lolos, harus bisa bertanding di Indonesia. Jadi, tidak ada masalah. Pasti pihak keamanan kita akan memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan," tutur Amali.***

Editor: Babah Pram

Sumber: PSSI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x