Tes Pramusim Moto Gp Sepang 2021 Resmi Dibatalkan, Ternyata Ini Penyebabnya

- 14 Januari 2021, 13:40 WIB
Ilustrasi MotoGP Musim 2021
Ilustrasi MotoGP Musim 2021 /instagram.com /@motogp
POTENSIBISNIS - Tes pramusim Moto GP Sepang 2021 resmi dibatalkan. Pandemi Covid-19 membuat Malaysia melakukan pengetatan pembatasan kegiatan atau lockdown.
 
Beberapa waktu lalu pun, Malaysia memberlakukan darurat nasional untuk memerangi wabah ini. Imbasnya adalah, tes pramusim Moto GP urung digelar, Februari 2021 mendatang. 
 
Kabar itu pun disampaika secara resmi oleh FIM, IRTA, dan Dorna Sports. Mereka mengumumkan pembatalan '2021 Sepang Shakedown' dan 'Official MotoGP Test'.
 
 
Jika sesuai rencana, harusnya jadwal tes pramusim MotoGp akan digelar bulan Februari mendatang.
 
Namun, Malaysia memberlakukan keadaan darurat mulai Selasa, 12 Januari 2021, serta ditambah batasan pergerakan yang lebih ketat.
 
Malaysia mengumumkan larangan perjalanan dan lockdown selama 14 hari ke depan.
 
 
Bahkan parlemen akan ditangguhkan dan pemilihan umum di negara tersebut tidak akan diselenggarakan selama keadaan darurat yang bisa berlangsung hingga 1 Agustus 2021 mendatang.
 
"Pandemi Covid-19 dan dampak lockdown juga komplikasi yang disebabkan oleh itu telah mengharuskan pembatalan kedua acara tersebut, yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia pada Februari," dikutip dari Antara, Kamis 14 Januari 2021.
 
Tes pramusim MotoGP 2021 nantinya dilakukan di Losail Qatar pada Maret 2021 mendatang.
 
Keputusan ini masih bisa berubah, tergantung kondisi terkini di negara tersebut.
 
“Tes Qatar, yang saat ini akan berlangsung di Sirkuit Internasional Losail dari 10 hingga 12 Maret, terus dikonfirmasi dan pembaruan atau perubahan lebih lanjut akan diberikan segera setelah tersedia,” tulisnya.
 
Hal ini sangat disayangkan semua tim dan pembalap karena banyak pembalap yang pindah tim dan akan menggunakan motor baru. 
 
Tak pelak durasi adaptasi pada setiap pembalap pun akan berkurang karena mereka hanya satu kali melakukan tes selama tiga hari di Qatar. 
 
Tes Sepang akan menjadi ajang lap pertama MotoGP untuk 'rookie' MotoGP 2021 Marco Bezzecchi, Luca Marini dan Jorge Martin.
 
Itu juga menjadi debut Valentino Rossi bersama tim barunya Petronas dan lap pertama Cal Crutchlow sebagai pembalap tester Yamaha.
 
Sementara itu, dengan Losail juga akan menggelar balapan malam pembukaan musim pada 28 Maret, skenario yang paling mungkin saat ini adalah bahwa tim dan pembalap sekarang akan tetap di Qatar dari tes hingga balapan.
 
Perubahan pada kalender MotoGP 2021 sementara sudah pasti. Jika pembuka musim Qatar berjalan sesuai rencana, sebagian besar percaya putaran kedua akan terjadi di Eropa, dengan peluang hampir nol, baik dari Argentina atau Austin.***

Editor: Muhammad Sadili

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah