Penjualan Produk Kebutuhan Rumah Tangga di Maketplace Alami Kenaikan saat Pandemi

- 2 September 2020, 08:42 WIB
Ilustrasi: kemudahan bisnis online di marketplace/
Ilustrasi: kemudahan bisnis online di marketplace/ /pixabay/mediamodifier

POTENSI BISNIS - Tren belanja melalui e-commerce di tengah Pandemi disebut pelaku bisnis online mengalami peningkatan signifikan.

Hal ini ditunjukan dengan semakin banyaknya volume penjualan kebutuhan rumah tangga hingga memenuhi hobi.

Dalam diskusi daring pada, Selasa, 1 September 2020, bertajuk "peran e-commerce jaga roda ekonomi di tengah pandmi" satu diantara pelaku bisnis online menyebutkan perubahannya terlihat fari transaksi yang terjadi di marketplace basis singapura. 

Direktur Shopee Indonesia Handika Jahja menjelaskan perubahan tren jual beli kebutuhan pokok, hal ini terjadi karena pandemi. 

"Contohnya begitu pandemi mulai, ada perubahan ke bahan pokok, makanan, minuman sembako, atau barang-barang yang bisa dipakai masak di rumah. Mungkin karena lebih bersih, higienis masak di rumah," ujarnya.

Selain itu, banyak orang yang berbelanja guna memenuhi kebutuhan hobi yang biasanya dilakukan di luar rumah, kini dilakukan di rumah. 

Misalnya, olahraga dari rumah, hingga berbelanja tanaman atau dekorasi rumah, sebagaimana dikutip PotensiBisnis.com dari Antara.com "Pelaku e-commerce akui pandemi ubah tren belanja daring."

"Jadi itu, perubahan ke arah bahan pokok yang tadinya beli di offline sekarang lewat e-commerce. Tren perubahan habit (kebiasaan) orang dulu di luar, sekarang dilakukan di rumah," ujarnya.

Handhika pun melihat perubahan yang ada menjadi ruang pelajaran bagi Shopee untuk terus berkembang. 

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah