Menperin Bahas Kerja Sama Baru dengan Menteri Industri China

- 6 Juli 2023, 20:00 WIB
Menperin dan Menteri Perindustrian China
Menperin dan Menteri Perindustrian China // Doc. Antara/

POTENSI BISNIS - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita telah melakukan pertemuan dengan Menteri Industri dan Teknologi Informasi (Minister of Industry and Information Technology/MIIT) China, Jin Zhuanglong, dalam rangka kunjungan kerja Menperin ke negeri tirai bambu pada hari Selasa (4/7) yang lalu.

Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas empat inisiatif baru dalam kerja sama industri antara kedua negara.

“Pada pertemuan dengan Menteri Jin Zhuanglong, setidaknya ada empat inisiatif baru kerja sama industri yang ditawarkan oleh MIIT. Indonesia menyambut baik tawaran kerja sama yang disampaikan RRT,” katanya lewat keterangan di Jakarta, Kamis 6 Juli 2023 sebagaimana dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Live Streaming Ikatan Cinta 6 Juli 2023: Marsha Pura-Pura Memihak ke Mario demi Aldebaran

Menperin menyambut baik tawaran kerja sama yang ditawarkan oleh MIIT, dengan setidaknya ada empat inisiatif baru yang ditawarkan. China menawarkan kelanjutan ASEAN China Forum on Emerging Industries dan Ministerial Dialogue on Industry sebagai salah satu inisiatif.

Selain itu, terdapat pula inisiatif kerja sama pada industri yang sedang berkembang, kerja sama terkait Industri 4.0 dan kendaraan listrik baru (New Energy Vehicle/NEV), serta kerja sama terkait dengan fotovoltaik (PV).

Menperin melihat bahwa inisiatif kerja sama ini sejalan dengan upaya transformasi teknologi industri untuk memperkuat Industri 4.0. Untuk itu, Indonesia mengundang industri teknologi informasi dari China untuk meningkatkan investasi di tanah air.

Salah satu contoh industri yang memiliki kekuatan besar di sektor ini adalah Huawei, yang sebelumnya telah dikunjungi oleh Menperin.

Baca Juga: RSU Adhyaksa Jakarta Timur Siapkan Dokter Spesialis Gizi untuk Pemeriksaan Pasien Obesitas

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah