Workshop Kewirausahaan Online, Faizal : Ekonomi Sangat Fundamental Perlu Restorasi di Era New Normal

- 8 Agustus 2020, 01:41 WIB
tangkapan layar webinar Workshop Kewirausahaan Online Dema-F Fidkom UIN Bandung/
tangkapan layar webinar Workshop Kewirausahaan Online Dema-F Fidkom UIN Bandung/ /Pipin L Hakim/PotensiBisnis.com

POTENSI BISNIS – Dewan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (DEMA-F FIDKOM) UIN Bandung melalui Departemen Ekonomi menggelar webinar Workshop Kewirausahaan Online.

Pada era new normal ini, pertumbuhan ekonomi nasional mengalami kontraksi minus 5,32 persen pada kuartal II 2020.  Bahkan Badan Pusat Statistik (BPS) RI, merilis data pertumbuhan ekonomi secara nilai tukar rupiah sempat merosot ke level Rp14.560 per-dolar AS.

Ketua Dema-F Fidkom Muhammad Faizal Nailusidqi menyampaikan, berkenaan dengan situasi dan kondisi yang masih hangat ditengah-tengah masyarakat, yakni dihadapkan pada era kenormalan baru. Yang juga dampak dan konsikuensi logis dihadapkan pada pandemi Covid-19 secara signifikan masih meningkat.

Baca Juga: Digital Marketing Penting dalam Mingkatkan Perekonomian, Terutama pada Sektor UMKM

“Hal demikian berpengaruh pada segala aspek, salah satunya terhadap aspek perekonomian. Dalam hal ini, yang menjadi krusial bagi kaum muda, yaitu bagaimana keadaan ini bisa dijadikan suatu refleksi bersama,” kata Faizal saat menyampaikan sambutan pada acara webinar tersebut, Jumat 7 Agustus 2020.

Menurutnya, dalam keadaan seperti ini menjadikan keluhan terus-menerus. Terlebih lagi kondisi seperti saat ini membuat bosan, ketika setiap waktu harus melihat perkembangan dan kenaikan angka positif Covid-19.

Dengan begitu, lanjutnya, sektor ekonomi tentunya sangat fundamental untuk dibahas. Bagaimana pendekatan maupun metode untuk warga mampu merestorasi perekonomian di tengah era new normal.

“Istilah restorasi ialah memulihkan terhadap keadaan semula. Jika ingin memulihkan perekonomian pada keadaan semula, tentu terdapat langkah-langkah strategis dan pendekatan yang dinamis. Hal itu harus dikupas secara relevan dan bisa dilakukan pada situasi seperti saat ini,” ucapnya.

Faizal menilai, bahwa peranan masyarakat, para akademisi, dan praktisi hari ini. Terutama pada bidang perekonomian akan senantiasa terpanggil, untuk bagaimana meberikan suatu saran ataupun rekomendasi secara kongkret. Menyoal kondisi perekenomian masyarakat Indonesia saat ini tentunya diperlukan problem solping.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x