Guru Besar Universitas Ternama di Jepang Menilai Bahasa Sunda Berpotensi Tinggi untuk Mendunia

- 28 Oktober 2021, 11:35 WIB
Guru Besar Nanzan University, Nagoya, Jepang, Prof. Dr. Mikihiro Moriyama menilai bahasa Sunda berpeluang populer ke kancah global
Guru Besar Nanzan University, Nagoya, Jepang, Prof. Dr. Mikihiro Moriyama menilai bahasa Sunda berpeluang populer ke kancah global /unpad

POTENSI BISNIS - Bahasa Sunda berpeluang mendunia dengan dorongan derasnya globalisasi saat ini. 

Hal tersebut disampaikan oleh Guru Besar Nanzan University, Nagoya, Jepang, Prof. Dr. Mikihiro Moriyama saat menjadi pembicara pada Keurseus Budaya Sunda “Kabeungharan Basa Sunda”.

Acara yang digelar Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda Universitas Padjadjaran tersebut berlangsung secara virtual, Rabu 27 Oktober 2021 kemarin.

Baca Juga: Unpad Masuk 9 Perguruan Tinggi Terbaik Nasional dalam 'The Asia University Rankings 2021'

Mikihiro Moriyama menuturkan, globalisasi tak semuanya berdampak buruk pada budaya lokal, sebaliknya justru berpeluang memopulerkan bahasa Sunda ke kancah global.

Maka, menurutnya, kurang tepat adanya anggapan bahwa globalisasi akan menyempitkan eksistensi budaya lokal.

"Kalau kita di global, hanya menggunakan bahasa Inggris saja, tidak ada khasnya, jadi tidak menarik," ungkap Prof. Mikihiro dikutip dari laman resmi UNPAD, Kamis 28 Oktober 2021.

Akademisi Jepang yang fasih berbahasa Sunda ini menjelaskan, saat ini orang-orang cenderung mencari sesuatu yang khas di setiap budaya lokal.

Baca Juga: Ramalan Kartu Tarot 28 Oktober 2021: Bacaan Four of Wands untuk Aries, Lebih Baik Mencoba Kritik Diri Sendiri

Halaman:

Editor: Muhammad Sadili

Sumber: Unpad.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x