Afghanistan Dikuasi Taliban, 2 Sutradara Wanita Satu Suara: Kebebasan Diberangus, Kritik Berarti Melawan

- 24 Agustus 2021, 07:14 WIB
Pejuang Taliban memegang senapan serbu M16 berdiri di luar Kementerian Dalam Negeri di Kabul, Afghanistan, 16 Agustus 2021. Sahraa Karimi secara terbuka meminta bantuan pada komunitas film di seluruh dunia bersatu membantu sineas dan seniman di negaranya yang kini dikuasai Taliban.
Pejuang Taliban memegang senapan serbu M16 berdiri di luar Kementerian Dalam Negeri di Kabul, Afghanistan, 16 Agustus 2021. Sahraa Karimi secara terbuka meminta bantuan pada komunitas film di seluruh dunia bersatu membantu sineas dan seniman di negaranya yang kini dikuasai Taliban. /Reuters/Stringer/

POTENSI BISNIS - Sutradara wanita asal Afghanistan, Sahraa Karimi secara terbuka meminta bantuan pada komunitas film di seluruh dunia bersatu membantu sineas dan seniman di negaranya yang kini dikuasai Taliban.

"Semua yang saya perjuangkan untuk membangun industri film di negara saya berisiko hancur," kata Sahraa Karimi dalam tulisannya yang diterjemahkan Indie Wire.

Dia menggambarkan jika wanita di negaranya akan dilucuti hak-haknya.

Suara akan dibungkam dan kritik akan disebut sebagai peralawanan pada Taliban.

Baca Juga: Perjuangan Aurel Hermansyah Lawan Netizen, Wajah Meringis Saat Jarum Suntik Menancap, Singgung Soal Kelainan

"Kita akan didorong dalam bayang-bayang kematian, ekspresi kita benar-benar akan dibungkam," katanya seperti dikutip dari berita pikiran-rakyat.com berjudul: Kesaksian 2 Sutradara Perempuan Afghanistan: Taliban Berkuasa, Kebebasan Diberangus, Kritik Berarti Melawan.

"Tolong bantu kami, buat seluruh dunia dengar apa yang terjadi pada kami," katanta.

"Tolong bantu kami dengan memberi tahu negaramu apa yang terjadi di Afghanistan. Jadilah suara kami di luar Afghanistan," ucapnya meminta bantuan.

Baca Juga: RAMALAN Zodiak Besok Selasa 24 Agustus 2021 : Leo, Scorpio dan Pisces Tidak Sesuai Ekspektasi

Sutradara perempuan Afghanistan lainnya, Diana Saqeb Jamal mengakui hal yang sama.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah