Khofifah Ajak Beli Bipang, Tapi Bukan Bipang Ambawang

- 9 Mei 2021, 16:42 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi pasar Maospati, Magetan pada Kamis, 18 Maret 2021.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi pasar Maospati, Magetan pada Kamis, 18 Maret 2021. /Instagram/@khofifah.ip

 

POTENSI BISNIS - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, mengajak masyarakat untuk membeli Bipang Jangkar kuliner legend khas Kota Pasuruan, Jawa Timur.
 
Bebeda dengan Bipang Ambawang, Bipang Jangkar khas Kota Pasuruan ini dijamin halal karena bahan bakunya bukan daging melainkan beras dan jagung.
 
Sementara itu Bipang (babi panggang) Ambawang yang sebelumnya ramai jadi perbincangan usai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengajak untuk membeli Bipang untuk oleh-oleh Lebaran itu merupakan makanan khas dari Kalimantan Barat (Kalbar).
 
 
Bahan baku pembuatan Bipang Ambawang pun berbanding terbalik dengan Bipang Jangkar, Jika Bipang yang dikenalkan Khofifah terbuat dari beras dan jagung, Bipang khas Kalimantan terbuat dari daging.
 
Bipang jangkar juga punya sebutan dalam bahasa Inggris, yakni Puffed Rice Cake, Bipang yang disebutkan Khofifah juga telah ada sejak empat tahun Indonesia merdeka.
 
"Kenalkan, ini Bipang Jangkar alias Puffed Rice Cake dari Jawa Timur. Salah satu kuliner legend khas Kota Pasuruan yang sudah ada sejak tahun 1949 silam," ujar Khofifah, Minggu, 9 Mei 2021 dilansir dari akun Instagramnya @Khofifah.ip
 
 
"Terbuat dari beras dan jagung serta terjamin halal 100 persen. Pokoknya, belum ke Jawa Timur kalau belum merasakan cemilan wuueeenaak ini," ia menambahkan.
 
Khofifah menuturkan, rasa dari Bipang Jangkar ini manis dan memiliki berbagai rasa yang membuat orang yang memakannya bisa menjadi ketagihan.
 
"Teksturnya renyah, rasanya manis, ada aroma wanginya, dan punya banyak pilihan rasa. Saya yakin siapapun bakal ketagihan sejak kali pertama mencoba," ujar Khofifah.
 
 
Lebih lanjut khofifah juga menjelaskan bagi yang penasaran dengan rasa dari Bipang Jangkar, kini makanan khas Pasuruan itu telah tersedia untuk dibeli secara online.
 
"Buat yang penasaran, Bipang Jangkar ini juga sudah tersedia di Marketplace, jadi bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Kuy, gaskeun," pungkasnya.***
 
 

Editor: Babah Pram

Sumber: Instagram @khofifah.ip


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah