Fatwa MUI tentang Vaksin AstraZeneca, Pondok Pesantren di Jawa Timur Siap Terima Vaksin

- 22 Maret 2021, 13:34 WIB
Ilustrasi vaksin AstraZeneca. YouGov mendapatkan laporan bahwa di Spanyol, Jerman, Prancis, dan Italia adanya pebekuan darah langka yang dikaitkan dengan vaksin tersebut.
Ilustrasi vaksin AstraZeneca. YouGov mendapatkan laporan bahwa di Spanyol, Jerman, Prancis, dan Italia adanya pebekuan darah langka yang dikaitkan dengan vaksin tersebut. /Galang Garda S/sumber: Pikiran Rakyat

POTENSI BISNIS – Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) membahas masalah vaksin AstraZeneca di Jawa Timur pada Senin, 22 Maret 2021.

Dikutip PotensiBisnis.com dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan MUI dan para kiai di Jawa Timur menyampaikan wilayah Jawa Timur siap diberi vaksin astrazaneka dan segera akan digunakan di pondok pesantren yang ada di Jawa Timur.

“Saya kira ini patut kita apresiasi dan tadi saya juga memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk segera mendistribusikan vaksin AstraZeneca ke Jawa Timur dan Provinsi-Provinsi yang lain,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Vaksin AstraZeneca Haram tapi Boleh Dipakai, Ini Penjelasan MUI

Baca Juga: Selain Vaksin, Guru Besar UII Sebut dalam Alquran Ada Nama Tumbuhan Mampu Mengobati Covid-19

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur, Hasan Mutawakkil Alallah menyampaikan pendapat dan respons dari para kiai serta pengasuh pondok pesantren di Jawa Timur terkait penggunakan vaksin AstraZeneca di Indonesia.

Menurutnya, vaksin ini halal dan tayyib. Sehingga ia mengimbau untuk dapat memanfaatkan program vaksinasi yang telah diberikan oleh pemerintah bagi masyarakat.

“Vaksin AstraZeneca ini hukumnya halal dan tayyib dan memang seharusnya untuk dimanfaatkan program vaksinasi pemerintah ini karena tujuannya tidak lain untuk menjaga jiwa dan keselamatan rakyatnya,” ujar Hasan.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Bisa Menghilangkan Bintik Hitam pada Wajah

Halaman:

Editor: Babah Pram

Sumber: YouTube Sekertariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah