Kasad TNI AD Pastikan Serda Aprilia Manganang Bukan Transgender

- 10 Maret 2021, 08:00 WIB
Serda Aprilia Manganang berjenis kelamin laki-laki bukan transgender
Serda Aprilia Manganang berjenis kelamin laki-laki bukan transgender /galamedia.pikiran-rakyat.com

POTENSI BISNIS - Nama Aprilia Santini Manganang atau lebih dikenal Aprilia Manganang mendadak menjadi ramai diperbincangkan setelah TNI AD mengumumkan statusnya sebagai laki-laki.

Pasalnya, Aprilia Manganang selama ini dikenal sebagai seorang perempuan. Ia merupakan anggota Korps Wanita AD (Kowad) yang juga menjadi pemain timnas bola voli putri untuk Asian Games 2018 lalu.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan berdasarkan pemeriksaan ketat yang dilakukan di RSPAD, tidak ditemukan organ internal perempuan di tubuh Manganang dan hanya memiliki organ internal laki-laki.

Baca Juga: Viral! Aprilia Manganang Mantan Atlet Voli Indonesia Ternyata Laki-Laki Tulen

"Hormonal juga begitu, hormon normal, testosteronnya juga diukur sehingga secara faktual dan ilmiah kami yakin Manganang lebih miliki hormonal kategori normal laki-laki," ujar Jenderal TNI Andika Perkasa, dikutip PotensiBisnis.com dari ANTARA, Rabu 10 Maret 2021.

Andika pun memastikan bahwa Manganang bukan seorang transgender ataupun interseks.

"Bukan transgender bukan juga interseks, tidak masuk kategori itu semua. Dan tim dokter pun tahu semua definisinya," kata Andika.

Baca Juga: Diwawancarai Oprah Winfey, Meghan Markle Curhat Sulitnya Jadi Keluarga Kerajaan

Andika menjelaskan, Manganang sejak lahir memang berjenis kelamin laki-laki. Namun, dia mengalami kelainan medis yang disebut hipospadia, yakni kelainan yang dialami oleh bayi laki-laki, dimana letak lubang kencing pada bayi tidak normal.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah