Waspada! BMKG Ingatkan Potensi Bencana Hidrometeorologi Memasuki Puncak Musim Hujan

- 27 Januari 2021, 07:38 WIB
Ilustrasi Prakiraan Cuaca. Puncak musim hujan diprediksi terjadi, Januari-Februari. BMKG mengimbau waspada untuk Beberapa Wilayah Indonesia.*/
Ilustrasi Prakiraan Cuaca. Puncak musim hujan diprediksi terjadi, Januari-Februari. BMKG mengimbau waspada untuk Beberapa Wilayah Indonesia.*/ /Pixabay/Roxaninem

POTENSIBISNIS - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem.

Hal ini dikarenakan puncak musim hujan 2021 diprediksi akan terjadi pada bulan Januari dan Februari mendatang.

Terlebih ada kecenderungan peningkatan curah hujan dibandingkan tahun sebelumnya. Maka, kewaspadaan perlu ditingkatkan. 

Baca Juga: Tumbangkan AC Milan, Inter Melaju ke Semifinal Piala Italia

“Kami menghimbau masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode puncak musim hujan ini,” ujar Dwikorita dikutip PotensiBisnis.com dari laman BMKG.

Laporan tersebut sesuai dengan catatan dari BMKG, sebagian besar wilayah di Indonesia yakni sebesar 94 persen dari total 342 Zona Musim kini telah memasuki puncak musim hujan.

Sejumlah wilayah terutama sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar pulau Jawa, Sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sebagian Sulawesi , Sebagian Maluku, Sebagian Papua Barat, dan bagian selatan Papua.

Baca Juga: WNA Asal China Masuk ke Indonesia di Tengah Larangan hingga 8 Februari, Ketua MPR: Perlu Dijelaskan

Pada periode musim hujan ini juga tercatat sering terjadinya peristiwa cuaca ekstrem dengan kategori curah hujan lebat hingga sangat lebat yang berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi.

Halaman:

Editor: Muhammad Sadili

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x