Etika Sebelum Berangkat ke Masjid, Muslim Wajib Tahu

- 25 Desember 2020, 20:10 WIB
SUASANA Alun-alun Kota Bandung depan Masjid Agung Bandung lenggang pasca diberlakukannya Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 73 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat.
SUASANA Alun-alun Kota Bandung depan Masjid Agung Bandung lenggang pasca diberlakukannya Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 73 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat. /Portal Bandung Timur/May Nurohman/

POTENSIBISNIS – Selain mendapat pahala berlipat ganda, Shalat berjamaah di masjid akan menghapus dosa dan meninggikan derajat.

Pahala Shalat berjamaah lebih besar, terutama jika dilakukan di masjid. Secara syariah jamaah atau berjamaah adalah Shalat bersama-sama lebih dari satu orang.

Ada yang bertugas menjadi imam, seorang lagi jadi makmum.

Baca Juga: Inilah Waktu Mustajab Berdoa di Hari Jumat, Insyaallah Doa akan Terkabul

Etika Sebelum Berangkat ke Masjid, Muslim Wajib Tahu

Berikut ini, beberapa hal perlu diperhatikan sebelum kita menuju ke masjid untuk Shalat berjemaah yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Berpakaian indah.

Hal ini merujuk pada perintah Allah SWT, “Hai, anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus setiap memasuki masjid,” Q.S. Al-A‘rāf:  31.

Ibnu Taimiyyah dalam kitab AlIkhtiyarat memberi penjelasan bahwa seorang Muslim hendaknya menggunakan pakaian terbaik ketika Shalat di masjid, terlebih saat hari Jumat dan hari raya.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah