Terungkap! Fakta-fakta Berbahaya Zulkarnain, Jabat Panglima Perang Hingga Tercatat Teroris oleh PBB

- 21 Desember 2020, 11:45 WIB
Polri pindahkan 23 Terdguga teroris jaringan JI*
Polri pindahkan 23 Terdguga teroris jaringan JI* /Instagram.com/@divisihumaspolri

POTENSIBISNIS - Zulkarnain merupakan tersangka teroris yang memiliki peran vital dalam melancarkan serangan bom Balii 1.

Zulkarnain yang diamankan Densus 88 Antiteror beberapa waktu lalu ternyata merupakan panglima perang Jamaah Islamiyah (JI) sekaligus otak dari kasus Bom Bali 1.

Pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah ini pernah melalui pelatihan di Afghanistan mulai tahun 1987 hhingga tahun 1999. Tak hanya itu, ia pun sempat diminta memberikan pelatihan militer Afghanistan kemudian membuat Organisasi Al-Jamaah Al-Islamiyah.

Baca Juga: Singgung Jumlah Peluru, Komnas HAM Lihat Foto 6 Laskar saat Sebelum Diautopsi, Begini Kondisinya

Saat dilakukan pemeriksaan, Zulkarnain membeberkan bagaimana awal mulanya skema pelancaran Bom Bali 1 yang ia dalangi.

Zulkarnain mengungkapkan, bagaimana awal terbentuknya tim yang ditugaskan untuk melakukan pengeboman. Tim tersebut diberinama Tim Khos atau tim kecil yang beranggotakan 19 orang.

Kelompok tersebut ditugaskan untuk meancarkan aksi pengeboman di sejumlah mantiqi atau wilayah yang sudah dipetakan, mulai dari Indonesia hingga Australia Sebagaimana dikutip PotensiBisnis.com dari laman PMJ News, Minggu 20 Desember 2020.

"Setelah berjalan 4 tahun dari tahun 1988, Abdullah Sungkar mengusulkan bagaimana untuk percepatan itu (teror pengeboman) kita membuat tim Qosh," ujar Zulkarnaen, Minggu 20 Desember 2020.

Baca Juga: Tokoh NU Singgung Ustadz Yusuf Mansur Bertemu Rasullah, kenapa Haikal Hasan Dilaporkan

Halaman:

Editor: Abdul Mugni

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x