Lembaga Antikorupsi Inggris Investigasi 'Tikus' di Maskapai Penerbangan Kenamaan Indonesia

- 7 November 2020, 20:52 WIB
Ilustrasi pesawat. Lembaga Antikorupsi Inggris Investigasi 'Tikus' di Maskapai Penerbangan Kenamaan Indonesia
Ilustrasi pesawat. Lembaga Antikorupsi Inggris Investigasi 'Tikus' di Maskapai Penerbangan Kenamaan Indonesia /pixabay/ColiN00B /

POTENSIBISNIS - Indonesia kembali menjadi sorotan, terkait kelihaiannya melakukan tindak pidana korupsi.

Otoritas antikorupsi Inggris sampai turun langsung melakukan investigasi terkait dugaan tindak suap pembelian pesawat.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Penindakan Ali Fikri mengatakan, berupaya membantu Serious Fraud Office (SFO) alias Lembaga Antirasuah Inggris terkait penyelidikan kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) suap terkait transaksi pembelian sejumlah pesawat maskapai kenamaan Indonesia buatan Bombardier.

Baca Juga: BLT Tahap 2 Subsidi Gaji Pekerja Sudah Cair, yang Tidak Punya NPWP Bagaimana Nasibnya?

"KPK akan membantu pihak SFO (Lembaga Antikorupsi Inggris) yang sedang melakukan penyelidikan terkait kasus perkara dugaan suap pembelian pesawat (maskapai kenamaan Indonesia),” kata Ali Fikri kepada wartawan di Jakarta pada Sabtu, 7 November 2020 seperti dikutip dari RRI.

Ali menjelaskan, sejak awal menangani perkara dugaan suap terkait dengan pengadaan mesin pesawat di PT maskapai tersebut, KPK telah bekerja sama dengan otoritas penegak hukum.

Menurut Ali, KPK telah berkoordinasi dengan beberapa lembaga antikorupsi di berbagai negara. Di antaranya adalah SFO Inggris dan Corrupt Practices Investigation (CPIB) Singapura.

Baca Juga: Video Syur Artis Cantik Viral , Pengacara Hotman Paris Langsung Minta Siapkan Pengacara

“Kerja sama itu berbentuk kerja sama agent to agent maupun melalui mutual legal assistance (MLA). Dengan pihak SFO Inggris adalah dalam bentuk tukar menukar data dan informasi, utamanya saat KPK sedang menangani perkara suap yang melibatkan mantan Direktur Utama (Dirut) dan kawan-kawan,” kata Ali.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah