Kenali Gelagat dan Modus Perekrutan Calo CPNS, Sri: Mereka Bisa Menyerupai Pegawai Kementerian PAN-RB

- 20 Oktober 2021, 08:21 WIB
Ilustrasi - Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) harus mewaspadai berbagai modus penipuan yang semakin meresahkan saat ini
Ilustrasi - Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) harus mewaspadai berbagai modus penipuan yang semakin meresahkan saat ini /

POTENSI BISNIS - Di masa perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS), masih banyak kasus penipuan yang di lakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berbagai modus dilakukan pelaku guna meyakinkan korbannya dengan menjanjikan bahwa dirinya bisa meluluskan peserta CPNS.

Namun, untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN), pelaku tak memberikan secara cuma-mua, yakni akan minta imbalan.

Baca Juga: Dicecar Puluhan Pertanyaan Soal Kasus Dugaan CPNS Fiktif, Suami Olivia Nathania: Tidak Tahu

Tidak tanggung-tanggung, imblan tersebut bisa bernilai sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Karena keresahan tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), terus mengimbau masyarakat agar cermat mengenali modus penipuan yang dilakukan para calo tersebut.

Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PAN-RB, Sri Rejeki Nawangsasih mengungkapkan, terdapat beberapa gelagat calo CPNS yang harus dikenali dan diwaspadai masyarakat.

Baca Juga: Ajaib! Jessica Mendadak Waras Usai Bertemu Rendy, Irvan Menyesal Karena Hal Ini, Ikatan Cinta 20 Oktober 2021

"Pertama, biasanya calo berusaha mendekati kita. Bersikap mengenal, dan berada di sekeliling kita," ucap Sri dikutip PotensiBisnis.com dari PMJ, pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Muhammad Sadili

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah