Varian Baru Covid-19 India Ada di Kudus, BNPB Ajak Ganjar Pranowo Kerjasama

- 14 Juni 2021, 11:09 WIB
Ganjar Pranowo melakukan kunjungan kerja di Posko Covid-19 Kabupaten Kudus, Minggu 13 Juni 2021.
Ganjar Pranowo melakukan kunjungan kerja di Posko Covid-19 Kabupaten Kudus, Minggu 13 Juni 2021. /Dok. Humas Pemprov Jateng./

POTENSI BISNIS - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito sebut pemerintah akan terapkan 6 langkah untuk hadapi kasus varian baru Covid-19 asal India di Kudus, Jawa Tengah.

Pertama adalah pengoptimalan 3K, yaitu komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi, terkhusus dalam kasus ini menggunakan konsep pentahelix pengedalian Covid-19.

Ganip menyebutkan bahwa kerjasama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Bupati, Wali kota hingga ke tingkat RT RW harus terbangun.

Baca Juga: Ikatan Cinta 14 Juni 2021: Andin Ungkap Rahasia ke Papa Surya, Mama Sarah-Elsa Masuk Penjara?

"Memastikan kerjasama pusat hingga ke daerah berjalan dengan baik, kerjasama mulai dari gubernur, bupati, wali kota sampai jalur koordinasi RT RW dioptimalkan dengan bantuan TNI dan Polri," ujar Ganip sebagaimana dikutip Potensi Bisnis dari siaran YouTube BNPB pada Minggu 13 Juni 2021.

Kedua, mengetatkan disiplin protokol kesehatan, dan pembatasan mobilitas penduduk, seperti hajatan, kegiatan sosial dan segala bentuk aktifitas yang mengundang kerumunan perlu diperketat.

Ketiga,  meningkatkan jumlah tracking pelacakan kontak dengan pasien Covid-19 tersebut.

Keempat, memastikan tempat tidur rumah sakit, obat hingga alat kesehatan tersedia dan mencukupi.

"Selain itu, perlu memaksimalkan juga fasilitas karantina terpusat, posko daerah level kelurahan, desa sebagai tempat isolasi mandiri suspek Covid-19," ujar Ganip.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah