Ternyata Ini Penyebab Terjadi Angin Kencang di Bandung, BMKG Minta Warga Waspada

- 9 Desember 2020, 17:45 WIB
Begini Penjelasan BMKG Soal Angin Kencang yang Terjadi di Beberapa Wilayah
Begini Penjelasan BMKG Soal Angin Kencang yang Terjadi di Beberapa Wilayah /bmkg.go.id



POTENSIBISNIS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) buka suara terhadap fenomena angin kencang yang terjadi akhir-akhir ini di Kota Bandung.

Potensi angin kencang ini diprediksi akan berlanjut selama sepekan ke depan.

BMKG pun meminta masyarakat pun diminta untuk mewaspadai fenomena ini yang bisa dibarengi gelombang tinggi.

Baca Juga: Badai Angin Kencang Datang, BMKG Layangkan Peringtan Dini

BKGM menyebutkan, hingga saat ini di perairan selatan Indonesia terdapat dua bibit siklon tropis yang menyebabkan fenomena angin kencang di Bandung.

"Terpantau ada dua bibit siklon tropis di perairan selatan Indonesia hingga sepekan ke depan, maka patut diwaspadai adanya potensi angin kencang juga potensi gelombang tinggi terutama di perairan selatan Jawa Barat," ujar Prakirawan BMKG Bandung, Yuni Yulianti saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Rabu 9 Desember 2020.

Sebagaimana diberitakan PRFMNews.id dalam artikel, "Sampai Kapan Angin Kencang di Bandung Terjadi? Ini Kata BMKG", bibit siklon tropis 96S berada di Samudra Hindia selatan Jawa Barat, sedangkan bibit siklon tropis 99S berada di Samudra Hindia selatan Nusa Tengara Timur.

Yuni juga mengatakan, bibit siklon ini akan mempengaruhi cuaca ekstrem dan gelombang tinggi di pesisir selatan Jawa Barat.

"Terutama di selatan Jabar cuacanya akan buruk jadi bisa terjadi hujan lebat disertai angin, dan juga tinggi gelombang akan terpengaruh," tandasnya.

Adapun untuk hari ini, prediksi cuaca di Kota Bandung secara umum hujan ringan pada pagi, siang, sore hingga malam nanti. Sedangkan dini hari esok cuacanya berawan.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: PRFM News


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah