Sejumlah Peternak Ayam Petelur di Majalengka Mengeluh Ayam DOC dan Pulet Sulit Didapatkan

- 16 September 2020, 19:12 WIB
ILUSTRASI: 50 ekor ayam dalam lomba tangkap ayam sambil tutup mata dilakukan ibu-ibu di Majalengka/ /Pixabay/Capri23auto

POTENSI BISNIS - Sejumlah peternak ayam petelur di Majalengka keluhkan sulitnya memperoleh anak ayam DOC (day old chiken) atau pulet yaitu anak ayam menjelang bertelur, hingga mereka harus menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkannya, itu pun harus berebutan dengan peternal lain.

Salah satunya, Eman Sulaeman yang merupakan seorang peternak ayam petelur di Kadipaten, yang sudah lebih dari 5 tahun menjalani budidaya tersebut mengaku telah kekurangan bibit ayam petelur sejak awal bulan Juni kemarin.

Menurut Eman, biasanya mengambil ayam usia 16 Minggu dari PT Lestari di Cihaur, namun belum bisa dipenuhi karena permintaan harus antre dengan peternak lainnya.

Baca Juga: PJJ Menjenuhkan, Gubernur Jabar Persilahkan Orang Tua Ciptakan Variasi Belajar

“Pada awal Mei sebetulnya sudah mengajukan permohonan namun hanya bisa terpenuhi setengahnya dari permintaan. Karena katanya peternak lain sudah lebih dulu mengajukan permintaan dan jumlahnya jauh lebih banyak, awal Juni kembali menanyakan untuk memohon tambahan,” kata Eman.

Hal yang sama disampaikan Tini yang juga telah memesan ayam usia 3 bulanan, namun juga belum bisa dipenuhi.

Sehingga dirinya terpaksa mempertahankan ayam yang sudah hampir lanjut usia lebih dari dua tahunan karena pengganti ayam baru belum datang.

“Ketika tanya produsen, antrian tiga bulan kebelakang juga belum bisa dipenuhi seluruhnya. DOC datang Desember itu untuk memenuhi permintaan bulan April,” kata Tini.

Baca Juga: Anda Punya HP Baru? Belum Tahu IMEI Terdaftar Resmi atau Belum, Cek di imei.kemenperin.go.id

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X