Menjelang HUT RI ke-75 , Sistem Barter Masih Digemari Masyarakat Pantai Utara Jawa Barat

- 14 Agustus 2020, 14:07 WIB
Ilustrasi: jual beli barter /pixabay/succo

POTENSI BISNIS – Sistem barter merupakan sistem jual beli tradisional yang dilakukan sebelum mata uang di sebuah negara di sahkan. 

Menjelang Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia (HUT RI) yang ke 75, Nelayan dan petani pantai utara Jawa Barat melukan aktifitas jual beli menggunakan sistem barter

Disaat Indonesia sudah merdeka selam 75 tahun ternyata sistem barter semakin digemari banyak orang. Ini dirasa wajar karena perekonomian nasional sedang diguncang oleh pandemi Covid-19.

Komoditas barang yang diperjual belikan di pasar pantai utara Jawa Barat itu ternyata semakin banyak, begitupun dengan penjual dan pembeli nya yang terdiri dari petani dan nelayan.

Baca Juga: Memaknai HUT Pramuka Yang ke-59, Menjadi Bangsa yang Mampu Beradaptasi di Tengah Pandemi

Ketua Serikat Nelayan Indonesia (SNI) Pantura, Budi laksana pada Jumat 14 Agustus 2020, merespon positif aktifitas jual beli menggunakan sistem barter ini. SNI kini bekerjasama dengan Serikat Petani Indonesia (SPI) Jawa Barat.

"Luar biasa, respon nelayan dan petani sangat tinggi. Ini bisa jadi benteng ketahanan pangan di masa pandemi bagi nelayan dan petani," katanya.

Transaksi ekonomi dengan pertukaran komoditi itu dilaksanakan di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, pada Kamis 13 Agustus 2020, sebagaimana dikutip PotensiBisnis.com dari Pikiran-rakyat.com.

Disana Tedapat 200 kilogram beras, sawi, kangkung, sayur bayam, hingga buah pisang dijadikan barang untuk dipertukarkan oleh SPI.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X