BRI dalam Masalah Besar Jika UMKM Lumpuh

- 7 Agustus 2020, 05:30 WIB
Bank BRI /facebook/BANK BRI

POTENSI BISNIS - Upaya memulihkan ekonomi Indonesia dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk Bank BRI. Kontribusi Bank BRI kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan langkah tepat sebagai upaya memulihkan perekomian.

Sektor UMKM sebagai penggerak perekonomian di Indonesia merupakan nyawa bagi BRI dan Negara. Menurut Supri, Selaku Direktur Bisnis Mikro BRI, menyampaikan, UMKM berperan sangat penting untuk BRI dan negara. Selain menggerakan roda ekonomi, UMKM memiliki peran penting bagi BRI.

Jika UMKM lumpuh, maka BRI dalam Masalah. "Sampai hari ini, 78 persen dari portofolio kredit UMKM, 40 persen diantaranya usaha mikro. Jadi sesungguhnya nyawa BRI dan rohnya ada disana," kata dia pada hari Rabu, 5 Agustus 2020.

Baca Juga: Hubungan Gojek dan UMKM Semakin Harmonis di Tengah Pandemi Covid-19

"Kalau sekarang hampir 62 juta UMKM, penyerapan dari mikro saja kurang lebih 105 juta orang yang mencari nafkah di usaha mikro pada umumnya. Begitulah peran pada pengentasan kemiskinan," tutur Supari.

Menurut penilaian Supri, tiga hal penting yang dikontribusikan oleh UMKM. Pertama, penanggulangan kemiskinan. UMKM berperan penting dalam menyelesaikan permasalahan penangguran di indonesia. UMKM mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar.

Kedua peran pemerataan, ruang UMKM tidak tersekat-sekat oleh geografis. Dikutip PotensiBisnis.com dari warta ekonomi, UMKM berada di desa, pasar, dan kaki lima sehingga berperan penting dalam pemerataan perekonomian di Indonesia.

Ketiga, UMKM memiliki kontribusi terhadap ekspor dan devisa negara, sebab era teknologi dan informasi sangat bisa diakses oleh pelaku UMKM.

"Tiga hal itu yang penting, begitu besarnya peran UMKM terhadap prekonomian negara ini. Jadi BRI itu termasuk BUMN, kita dalam satu rumah besar yang menyangga perekonomian bersama, yakni UMKM, BRI, dan negara," Imbuh Supari.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X