Jalan-jalan ke Indramayu Belum Apdol, Kalau tidak Mampir ke Angkringan Surabi 'Mumplu'

- 1 Agustus 2020, 17:12 WIB
Surabi mumplu, milik Rastiah salah satu jajanan favorit di Kabupaten Indramayu/ /Heri Sutarma/zonapriangan.pikiran-rakyat.com

POTENSI BISNIS - Kue Surabi merupakan jajanan tradisional asal Indonesia, yang salah satunya berada di Kabupaten Indramayau, Jawa Barat.

Nah, jika Anda berkunjung ke Kabupaten Indramayu gak apdol rasanya, jika belum cicipi jajan yang satu ini.

Sebab surabi ini dibuat masih secara tradisional, dengan bahan dasar tepung beras. Namun kini surabi hadir dengan berbagai varian demi kebutuhan masa kini dan akan selalu digemari menjadi jajanan favorit.

Proses membuatnya pun mudah, semua bahan tersebut setelah dicampur lalu diaduk hingga merata menjadi sebuah adonan.

Baca Juga: PLN Kembali Gratiskan Listrik Bersubdi untuk Periode Agustus 2020

Jangan terlalu kental, kemudian adonan cair tersebut dimasak salam satu tempat khusus terbuat dari tanah liat dan menggunakan api dari kayu bakar. Agar rasa dan baunya yang khas tetap ada.

Jika ingin lebih varian bisa ditambahkan air manis, jadi surabi rasanya manis. Ada pula surabi dengan tampilan lain seperti menambah toping dari abon sapi, parutan keju, telur, pisang, potongan tempe maupun oncom.

Surabi ini pada umumnya dihidangkan dengan tambahan saus. Kendati demikian, surabi tetap cocok ketika disantap ditemani segelas teh manis hangat, susu jahe, bandrek, ataupun kopi hitam untuk menemani sarapan pagi Anda.

Sebagaimana artikel yang dimuat zonapriangan.pikiran-rakyat.com sebelumnya, "Rastiah Bingung, Kue Buatannya Bisa Disebut Serabi Mumplu", seperti surabi mumplu di Kabupaten Indramayu, dibuat dari tepung bersa, kelapa, ditambah garam, penyedap rasa, dan air secukupnya.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Zona Priangan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X