Jelang Olimpiade Tokyo 2021, Kaisar Jepang Khawatirkan Status Infeksi Virus Corona

- 25 Juni 2021, 14:38 WIB
Cincin Olimpiade di depan Museum Olimpiade Jepang di Tokyo, Jepang.
Cincin Olimpiade di depan Museum Olimpiade Jepang di Tokyo, Jepang. /REUTERS/Stoyan Nenov


POTENSI BISNIS – Pelaksanaan Olimpiade Tokyo masih menuai pro dan kontra meski komite pelaksana telah menerapkan sejumlah regulasi ketat.

Salah satu yang belakangan ikut mencemaskannya adalah Kaisar Naruhito.

Sekitar sebulan menjelang dibukanya secara resmi Olimpiade 2021, Kaisar Naruhito menyuarakan keprihatinannya atas penyelenggaraan ajang olahraga terbesar dunia itu, yang dikhawatirkan akan membuat lonjakan penyebaran virus Covid-19.

Baca Juga: Kepala Persatuan Dokter Jepang Sampaikan Ancaman jika Olimpiade Tokyo Tetap Digelar

Naruhito, yang naik takhta Krisan pada 2019 setelah ayahnya, Akihito, turun takhta, mengatakan, dia berbagi keprihatinan publik yang luas tentang Olimpiade 2021, yang akan dibuka dalam waktu dekat.

"Kaisar sangat khawatir tentang status infeksi virus corona saat ini ," kata kepala Badan Rumah Tangga Kekaisaran, Yasuhiko Nishimura pada konferensi pers reguler seperti dikutip PottensiBisnis.com dai laman The Guardian, Kamis, 24 Juni 2021.

“Mengingat kekhawatiran publik, dia tampaknya khawatir tentang apakah penyelenggaraan Olimpiade 2021 itu akan menyebabkan melonjaknya pandemi Covid-19,” kata Nishimura.

Baca Juga: Jelang Olimpiade Tokyo, IOC Masih Pertimbangkan Kebutuhan Medis untuk Para Tim

Sebagai simbol negara, Naruhito dilarang oleh konstitusi Jepang pascaperang untuk membuat pernyataan publik tentang isu-isu kontroversial.

Penyelenggaraan Olimpiade 2021 yang rencananya akan dibuka pada 23 Juli 2021, menimbulkan penolakan luas dari masyarakat Jepang.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x