Terkait Gunung Merapi, BPPTKG Sebut Magma Sedang Bergerak ke Permukaan Kawah

- 20 November 2020, 09:17 WIB
Gunung Merapi difoto dari kawasan Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu, 18 November 2020. //Andreas Fitri Atmoko//ANTARA FOTO

POTENSIBISNIS - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyebutkan, hingga saat ini magma Gunung Merapi masih bergerakn menujuk ke permukaan kawah.

Kepada BPPTKG Hanik Humaida, mengatakan berdasarkan data-data kegempaan sejak Oktober 2020 lalu, memang mengindikasikan magma sedang bergerak menuju ke permukaan Gunung Merapi.

Kendati demikian, belum dapat diperkirakan kapan magma itu akan sampai di permukaan.

Baca Juga: Mengejutkan! Karni Ilyas Ungkap Alasan Tak Kunjung Undang Habib Rizieq di Acara yang Ia Pandu

Oleh karena itu, kata dia, karena magma belum muncul di permukaan maka kecepatan pertumbuhan dan volume magma hingga kini belum bisa diketahui.

"Magma belum muncul di permukaan. Masih menuju ke permukaan, kata Hanik Humaida kepada ANTARA, di Kantor BPPTKG Yogyakarta pada Kamis, 19 November 2020.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan morfologi puncak sampai dengan 16 November 2020, kubah lava juga belum terdetekdi muncul di permukaan Gunung Merapi aktif itu.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Hari Ini Jumat, 20 November 2020, TvOne, SCTV, hingga Trans TV

"Nanti kita ikuti prosesnya. Kalau terbentuk kubah lava maka akan terjadi guguran lava pijar, awan panas dan sebagainya," ucapnya.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X